Pemerintah Desa Muara Sikabaluan Salurkan Bibit Pinang Betara Kepada Warga Dusun Nang-nang


Sikabaluan Canangnews,Pemerintah Desa Muara Sikabaluan kembali salurkan bantuan pertanian kepada warga dalam bentuk bibit pinang betara kepada 36 orang dalam tiga kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.


"Sudah dua tahun lamanya kita menanti dan akhirnya pada tahun tahun 2021ini bibit pinang betara dapat tersalurkan di dusun Nang-nang pada hari ini,sebelumnya juga sudah dilakukan di  pokai dan dusun Bose" ungkap Aprijon Sakerebau Kepala Desa Muara Sikabaluan (Selasa 1/05/21.

Pinang Betara yang akan dibagikan kata Aprijon tersebut berasal dari daerah Jambi dimana semuanya sudah bersertifikat dan aman untuk di fungsikan oleh para petani,disamping itu pinang jenis betara tersebut memiliki biji dalam yang besar meski diluar terlihat kecil,tambah dia.

"Untuk warga lainnya yang belum sempat masuk dalam kelompok atau membuat kelompok tanam akan dilihat kedepannya dimana adanya tambahan  anggaran akan kembali diusulkan"ucap Aprijon.

Sebelumnya juga kata dia,Pemberian bibit pinang hanya sebatas perkelompok namun kali ini teknisnya dirubah menjadi perorangan sehingga dapat dipantau dlam bentuk monitoring lokasi dan percocok tanaman.

"Untuk jumlah yang akan diberikan kepada perorangan sebanyak 500 biji pinang penerima bantuan bibit pinang,dirubah teknis menjadi secara sendiri atau perindifidu untuk mempermudah monitoring dan perawatan.

Pinang Betara biasanya 4-5 tahun sudah panen jika perawatannya baik dan benar namun sebelum mencapai tahap panen pemerintah desa mengmbil langkah untuk menyalurkan tanaman tumpang sari di kebun pinang untuk mengatasi tumbuhnya rumput liar yang mengakibatkan kerusakan pada betara yang dimaksud tersebut.

"Kita tidak akan memberikan bantuan jenis semprot dan mesin namun langkah menyalurkan bibit Jagung pakan ayam dan jahe  adalah hal  yang sangat baik disamping itu juga ada penampungnya sehingga semuanya dapat bermanfaat" sebutnya.

Untuk keseluruhan dihitung ada 60 hektar lahan kosong yang sudah tersedia untuk penanaman bibit pinang betara selanjutnya akan dipikirkan berapa jumlah yang akan disalurkan kepada warga tersebut.(JS). 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama