Dukung Visi Misi Kepala Daerah, Bagian Kesra Pasbar Gelar Seleksi Dai


 

Pasaman Barat-- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mulai melakukan seleksi Dai Nagari yang akan ditempatkan di setiap jorong yang ada di Pasbar.  Seleksi digelar selama dua hari, Senin dan Selasa (21-22/6/2021). di Aula kantor bupati setempat. 


Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pasbar Hendrizal mengatakan, seleksi calon Dai tersebut dilakukan untuk mendapatkan Dai  Terbaik yang akan ditempatkan di setiap nagari di daerah setempat guna mendukung visi misi Kepala Daerah Pasbar di bidang keagamaan.


"Baik Dai yang lama maupun yang baru semua akan seleksi oleh pihak yang berkompeten di bidangnya. Dalam pelaksanaan ini kami menugaskan sebanyak 6 tim seleksi untuk melakukan penyeleksian yang berasal dari bagian Kesra, Kesbangpol, dan Kemenag," jelas Hendrizal.


Ia menambahkan, tim seleksi Dai Nagari nantinya akan menggali potensi yang ada di setiap Dai. Terdapat Empat potensi Dai Nagari yang akan di gali dan dinilai. 


"Pertama Dai Nagari akan diuji terkait dengan khutbah Jum'at atau sebagai khatib Jumat. Kedua Dai Nagari akan diuji tentang pemahaman penyelenggaraan jenazah. Ketiga Dai Nagari akan diuji tentang bacaan Alquran, karena Dai Nagari juga sebagai koordinator MDA ataupun TPA di wilayah masing-masing. Ke empat Dai Nagari akan diuji tentang sholat dan seluk-beluknya. Itu lah materi ujian yang kita uji kepada calon Dai Nagari,"ujar Hendrizal.


Dai Nagari yang di uji tersebut, lanjut Hendrizal, adalah berdasarkan rekomendasi yang diajukan oleh wali nagari. Dan Seleksi Dai Nagari dilakukan  berpedoman kepada protokol kesehatan Covid-19.


"Dai Nagari wajib menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan handzanitaizer,"ucap Hendrizal. (Robi)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama