Bawaslu Padang Pariaman Selenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM


Anai Land, CanangNews - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Pariaman kegiatan Peningkatan Kapasitas (Capacity Building) dan Penbinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawasan dan Kesekretariatan di ruang terbuka (outdor). Iven itu bertempat di Kawasan Objek Wisata Anai Land, Kecamatan 2x11 Kayutanam dan berlangsung selama dua hari, Kamis - Jumat (3 - 4/6/2021). 


Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishaq SE mengemukakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan materi kepada Anggota Bawaslu, Sekretaris, Bendahara dan seluruh staf, di mana materi tersebut sebagian besar diberikan dalam bentuk outdor. 



"Sebagaimana Anda lihat, bentuk teknisnya di lapangan berupa outbound, suatu program yang dilaksanakan di luar ruangan maupun di alam bebas (outdoor). Bentuk kegiatanya tersaji berupa permainan (games) kreatif serta edukatif. Hal yang dapat dipetik dari iven ini adalah untuk meningkatkan kerjasama tim, rasa saling menghargai dan semangat gotong-royong di antara anggota dan staf," katanya menjelaskan. 


Dengan demikian, lanjut dia, apapun tahapan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh Bawaslu dapat dicapai semaksimal mungkin tanpa ada kekurangan-kekurangan serta hal-hal yang berbenturan, baik berupa ego sentris maupun sifat-sifat individual dari anggota dan staf. 


Kegiatan ini, ulas Anton, diikuti 23 peserta yang terdiri Ketua dan dua Anggota Anggota Bawaslu, Kepala Sekretariat, Bendahara, 12 Staf serta dua sekuriti dan seorang pramusaji. 



Sedangkan Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Padang Pariaman Baiq Nila Ulfaini S Sos MPA menambahkan, pihaknya menghadirkan pemateri sekaligus instruktur kegiatan ini Rio Nafi Putra dari Bening Production (Outdor Activity & Outbond). 


Beberapa materi kegiatan antara lain Teknik Komunikasi Efektif dalam Pelaksanaan Pekerjaan. Pencapaian dari materi ini adalah komunikasi efektif dan efisien, mengenal gangguan dalam berkomunikasi efektif serta mengatasi keluhan dalam berkomunikasi. 


Selanjutnya, Membangun Team Work yang Dinamis dengan pencapaian mengenal karakteristik tim yang hebat, strategi membangun tim kerja serta mengatasi konflik dalam tim. 



Materi ketiga, Strategi Mengatasi Kreativitas dengan pencapaian memahami proses bekerjanya kreativitas, mengenal dan mengatasi hambatan menjadi kreatif serta proses kreatif. 


Materi keempat, Teknik Melakukan Problem Solving dengan pencapaian mengatasi mental block dalam kegiatan problem solving (pemecahan masalah adalah bagian dari proses berpikir - red), kegiatan brainstorming (teknik yang digunakan untuk menemukan solusi terhadap masalah tertentu dengan mengumpulkan ide-ide secara spontan - red) penunjang problem solving. 


Materi kelima, Meningkatkan Motivasi Diri Guna Memahami Kebutuhan dalam Pencapaian Kinerja dengan pencapaian mengenali dan mengatasi hambatan motivasi diri serta strategi meningkatkan motivasi diri. 


Materi terakhir, Membangun Etos Kerja dengan pencapaian memahami etos kerja, etos kerja dan budaya kerja, membangun etos kerja di tempat kerja serta membangun integritas diri. (Zakirman Tanjung)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama