Rektor IAIN Batusangkar Bersama Bupati Padang Pariaman Gelar Audiensi Pendidikan dan SDM

 


Batusangkar (CanangNews). Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pemerintah kabupaten Padang Pariaman melakukan audiensi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.


Kegiatan audiensi tersebut mengundang langsung Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc didampingi Wakil Rektor Dr. Sirajul Munir, M.Pd disambut Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Selasa (18/5) di Parit Malintang.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur berharap program S3 IAIN Batusangkar segera dibuka, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada pejabat untuk mengambil program Doktor di IAIN Batusangkar.


“Pemerintah Padang Pariaman akan memberikan kesempatan kepada pejabat untuk mengambil program Doktor di IAIN Batusangkar guna meningkatkan SDM,” kata Suhatri.


Selain itu, Bupati Suhatri Bur menyambut baik program beasiswa tahfizh yang digagas IAIN Batusangkar.


“Program beasiswa tahfiz sangat menarik bagi pemerintah daerah Padang Pariaman. Kebetulan sekali program ini juga termasuk program Pemerintah Daerah. Malah Kami termasuk kabupaten yang lebih duluan menggagas program tahfiz ini di Sumatera Barat” tutur bupati.


Sementara itu Wakil Rektor Sirajul Munir, M.Pd kepada awak media, mengungkapkan audiensi ini lebih banyak membahas tentang pendidikan dan pengembangan SDM. Kita siap menerima para calon mahasiswa dari Padang Pariaman yang memiliki hafalan Al quran sehingga SPP nya bisa digratiskan.


Hal senada juga disampaikan, Rektor IAIN Batusangkar, Dr. Marjoni Imamora,M.Sc mengatakan dukungan IAIN Batusangkar terhadap visi misi Kabupaten Padang Pariaman yakni satu rumah satu sarjana.


“Kami juga bersedia menjadi mitra pemerintah daerah dimana IAIN Batusangkar saat ini telah memiliki 34 Program Studi dan 7 diantaranya telah berakreditasi A dan siap untuk memberikan beasiswa kepada Hafiz yang hafal 2 juz hingga 8 juz, bebas untuk memilih jurusan dan dibiayai hingga tamat,” ujarnya.


Lanjutnya, namun para Hafiz tetap dievaluasi hafalannya setiap semester dimana para hafiz ini juga akan diberikan fasilitas asrama secara gratis dengan tujuan dapat menambah hafalannya, ini juga cara untuk mengisi kekosongan regenerasi.


sebelumnya, tambah Marjohan, selain meluncurkan program beasiswa tahfizh, IAIN Batusangkar telah melakukan kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar melahirkan guru tahfizh profesional dalam rangka mensukseskan Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfizh. Kerjasama yang terus berlanjut sampai saat ini merupakan upaya IAIN Batusangkar membantu pembangunan daerah khusus pembangunan sumberdaya manusia,terangnya.erie

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama