IAIN Batusangkar Lakukan Penerimaan Mahasiswa Dengan Sistem Seleksi Elektrinik

0

 


Batusangkar (CanangNews). Dalam waktu dekat perguruan tinggi negeri akan disibukan dengan penerimaan calon mahasiswa baru dan dimana Pandemi covid-19 masih melanda negeri ini dengan demikian Panitia Nasional Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tentunya akan melaksanakan seleksi.


Dengan memanfatkan kemajuan teknologi pihak Institut Agam Islam Negeri (IAIN) Batusangkar akan melakukan ujian masuk PTKIN dilaksakan secara daring,. IAIN Batusangkan lakukan persipan awal dengan uji coba Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN dari tanggal 17-19 Mei 2021 mendatang.


Hal tersebut disampiakan Ketua Panitia lokal uijan UM PTKIN Dr. H. Zainuddin, MA., katakana calon mahasiswa PTKIN yang mendaftar melalui jalur UM-PTKIN 2021 harus mengikuti uji coba SSE dari rumah masing-masing sebelum melakukan ujian SSE yang sesungguhnya mulai tanggal 24-29 Mei 2021 karena masih dalam suasana Covid-19.


Penerimaan calon mahasiswa menggunakan SSE, merupakan salah satu upaya memutus mata rancai penyebaran covid-19 di lingkungan kampus IAIN Batusangkar, sampai Zainuddin pada kunjungan ke lokasi uji coba ujian SSE, Senin (17/05) di kampus tersebut.


Zainnudin, ungkapkan, calon mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran UM-PTKIN melilih IAIN Batusangkar sebanyak 588 calon siswa pada pilihan pertama, sedangkan pilihan ke dua 702 calon siswa, dan pada pilihan ke tiga 837 calon siswa.


Zainuddin menegaskan, kepada  semua calon siswa di wajibkan untuk mengupload aplikasi ujian SSE UM-PTKIN yang telah di tentukan oleh panitia pusat, dalam palaksanaan uji coba maupun ujian nanti yang dilaksankan secara serentek se-Indonesia.


Selama proses ujian berlangsung, panitia menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id, bagi peserta dengan berbagai keluhan seperti gagal login, terjadi bencana alam di lingkungan peserta, dan berbagai kendala jaringan lainnya, Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta,” paparnya.


Sementara itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc sampaikan kepada  panitia untuk benar-benar memperiapkan segala sesuatunya guna kelancaran penerimaan calon mahasiswa baru nantinya.


“Insya Allah panitia sudah siapkan segala sesuatu  untuk menerima calon mahasiswa menggunakan SSE UM-PTKIN,” sampai Rektor  usai meninjau untuk memastikan kesiapan panitia.


Untuk kuota penerimaan mahasiswa baru, Rektor IAIN Batusangkar Marjoni sampaikan, pada tahun ini siap menerima mahsiswa sebanyak 2.500 orang, dengan kuota melalui SPAN-PTKIN minimal 40%, UM-PTKIN minimal 30% dan Jalur Mandiri maksimal 30 %.


Pihak IAIN Batusangkar selalu berbena pada saat ini akreditasi kampus peringkat B yang dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan canggih, dengan memiliki empat fakultas yaitu 27 Program sarjana yang 7 diantaranya sudah terakreditasi A serta 1 program diploma.


Selain itu, bagi mahasiswa berprestasi di IAIN Batusangkar tersedia beasiswa KIP- Kuliah, beasiswa mahasiswa berprestasi, beasiswa tahfizh Qur’an, beasiswa Baznas UPZ IAIN Batusangkar, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Rajawali Pemprov Sumatera Barat, beasiswa Bank Nagari Syariah, pungka Marjohan. erie

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top