Penuh Perjuangan ,Bupati Suhatri Bur saksikan Langsung Kerusakan Irigasi Kapalo Banda


Aua Malintang, CanangNews -  Dengan menempuh perjalanan sejauh kira-kira 10 km dari Pasar Sungai Garinggiang, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyusuri perbukitan Korong Lancang dengan topografi kemiringan mencapai 80°. Perjalanan naik-turun perbukitan itu dilakoni Bupati Suhatri Bur dengan penuh perjuangan, berjalan kaki sepanjang 1,5 km, Kamis (20/5/2021). 


Suhatri Bur mengatakan, hal ini ia lakukan untuk menyaksikan langsung sejauh mana kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang di Korong Lancang  Nagari III Aua Malintang Selatan kecamatan IV Koto Aur Malintang ini. 



"Nanti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan kita minta turun langsung untuk menyurvei lokasi, agar dapat menghitung perencanaan biaya perbaikannya," ujarnya.


Ia nengaku telah lama mejdengar permasalahan Irigasi Kapalo Banda Piliang ini yang tak kunjung teratasi, sehingga perlu cek lapangan langsung ke lokasi.



Bupati Suhatri Bur mengucapkan terimakasih kepada masyarakat IV Koto Aua Malintang, baik di ranah maupun di rantau, yang telah "badoncek" untuk mengatasi sementara kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang ini dengan total sumbangan mencapai 80 juta rupiah. 


Pada kesempatan tersebut Bupati Suhatri Bur ikut serta " badoncek" atas nama pribadi dan rombongan. Bukan Atas nama bupati yaa. Jika atas nama bupati, saya telah intruksikan Kadis PUPR Deni Irwan dan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (Kabid. PSDA) Fafdhal Andrianos untuk survey langsung dan menghitung perencanaan biaya untuk perbaikannya," ulasnya.



Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan IV Koto Aua Malintang Muhammad Radi mengatakan, Irigasi Kapalo Banda Piliang ini mengairi 325 hektar lahan pertanian serta sebagai sumber air utama Balai Benih Ikan (BBI) Aua Malintang yang persis berada di Simpang Lancang. "Oleh karena itu, kita berharap irigasi ini dapat direvitalisasi total agar petani dapat ke sawah sepanjang tahun," katanya. 


Pada kesempatan tersebut Bupati didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Rudy R Rilis,. Kabag Humas dan Protokol Anton Wira Tanjung serta sejumlah tokoh masyarakat setempat. (R/ZT)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama