Kolaborasi SANTIANG, PKK Padang Pariaman Gandeng Dinas Kesehatan



Sikabu, CanangNews - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur beserta Ketua Bidang, Ketua Pokja 4 dan tim melakukan kunjungan ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Melati Korong Belant, Nagari / Wilayah Kerja Puskesmas Sikabu, Kecamatan  Lubuk Alung, Rabu (5/5/2021), dalam rangka PKK Cegah Stunting dengan "SANTIANG"melalui Gerakan PKK :

1. Sayang Ibu 

2. Ayo ke Posyandu 

3. Nikah Sehat

4. Taman Gizi Keluarga 

5.  Imunisasi

6. Asuh dan Asi Ekslusif 

7. Nabung Sehat

8. Gizi Optimal pada periode Emas



Kolaborasi PKK dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman ini dalam rangka Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting dengan Inovasi "SANTIANG" Wujudkan Generasi Sehat, Cerdas dan Unggul untuk Padang Pariaman Berjaya.  Salah satu kegiatan PKK Sayang Ibu melalui edukasi gizi pada Ibu hamil yang disampaikan oleh Ny. Yusrita Suhatri Bur yang didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Yutiardy Rivai  beserta jajaran.


Pada kegiatan tersebut Ny Yusrita Suhatri Bur menyampaikan bahwasanya Gizi pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) itu sangat penting karena saat awal kehamilan sel-sel otak anak sudah mulai terbentuk dan berkembang. 



Beliau juga berpesan agar memberikan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) segera setelah anak lahir, dan harus memberikan anak Air Susu Ibu (ASI) ekslusif 0-6 bulan serta dilanjutkan dengan pemberian Makanan Pendamping (MP) ASI yang bergizi dan berkualita hingga umur 2 tahun.  


Makanan bergizi tidak harus mahal, cukup dengan memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman yang menjadi sumber gizi keluarga setelah edukasi gizi pasca hamil, 



Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Yutiardy Rivai menjelaskan tentang manfaat buku kesehatan ibu dan anak (KIA) dengan Inovasi "Ibu Cantik ". Ia berpesan agar setiap ibu hamil rajin membuka dan membaca  buku KIA sebagai acuan dan pedoman dalam persiapan kelahiran agar ibu dan anak sehat dan selamat. Dilanjutkan penyerahan Paket PMT dan Tablet Tambah Darah. 


Kegiatan selanjutnya, Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman juga mengajak ibu-ibu balita Ayok ke Posyandu selain untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita juga mendapatkan pelayanan kesehatan imunisasi, di mana imunisasi sangat penting untuk kekebalan tubuh anak dari penyakit. 



Ny Yusrita Suhatri Bur juga bercengkerama dengan ibu-ibu balita yang datang ke posyandu tentang manfaat dan pentingnya posyandu. Pada kesempatan itu juga sekaligus bersama Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Memberikan PMT pada balita Serta ibu Hamil 


Dilanjutkan dengan penandatanganan naskah kesepakatan PKK Kabupaten Padang Pariaman dengan Dinas Kesehatan tentang PKK Gagah Bencana Cegah Covid-19 dan Cegah Stunting dengan Inovasi SANTIANG.


Kegiatan dilanjutkan dengan Lounching Pos Gizi Terpadu Generasi Sehat yang yaitu Pos Gizi ibu hamil, Balita dan Remaja yang berlokasi di salah satu rumah Warga Korong belanti ibu Marnis. Pos Gizi ini merupakan suatu wadah untuk pemulihan dan pencegahan  Stunting yang dimulai dari hulunya yaitu Penyelamatan Gizi remaja, Gizi pada Usia emas (Ibu hamil dan baduta).


Ny. Yusrita Suhatri Bur juga ikut memantau Jamban rumah dan Toga yang akan digunakan sebagai  Pos Gizi.  Beliau berpesan agar kegiatan ini rutin dilakukan untuk mewujudkan Keluarga Sehat dan Sadar Gizi.


Sinergisitas Program PKK bersama Stakcholder dalam upaya Pencegahan stunting menjadi sangat penting karena Keluarga bagian dari Masyarakat yang punya peran krusial dalam penanganan dan pencegahan Stunting. Oleh karena itu Pemberdayaan keluarga sangat diperlukan Untuk menghasilkan generasi bangsa yang Sehat, Cerdas dan Berprestasi.   


Ny. Yusrita Suhatri Bur mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman beserta jajaran, puskesmas, wali Nagari, ibu-ibu kader atas semangat dan upayanya serta mengajak mari " Bersama Cegah Sunting". (Ferawati SGz)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama