Kepala KUA buka Mukhayyam AlQur'an di TPA Nurul Ihsan Tanjung Balik

Solok, Canangnews.com - Mukhayyam Alquran di Gelar di TPA Nurul Ihsan, Tanjung Balik Kec.X Koto Di Atas. Kegiatan Mukhayyam ini dibuka langsung Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec.X Koto Di Atas dan dihadiri Wali Nagari Tanjung Balik dan Kepala MTs.N 7 Kabupaten Solok Wastariddarima, MM. serta seluruh orang tua Hafiz dan Hafizhah dengan jumlah peserta 11 orang.  


Pembukaan acara mukhoyyam diawali dengan penampilan dan lantunan AlQur'an dari beberapa hafalan para hafiz dan hafizhah 1 ( satu ) jam sebelum acara pembukaan.


Semua peserta sudah mengikuti tahap seleksi  yang sangat ketat diusia setingkat SD dan SLTP. Acara tersebut digelar selama 9 hari dari tanggal 2 sampai dengan 10 Mei 2021. 



Sebagai pemandu adalah  Jhoni Putra.S.Pd.I dan Novri Andra S.Iq.  yang sudah terlatih dan Profesional dibidangnya.


"Selama kegiatan, semua peserta dikarantina yang mana tidur,  berbuka dan sahur disediakan di tempat kegiatan"  ungkap ketua yayasan  H. Syamsul Bahri,S.Pd.MM, kepada media canangnews.com melalui pesan WhatsApp nya Senin sore (03/05/2021).


Lebih lanjut Syamsul menambahkan “Kegiatan mukhayyan ini dilaksanakan  setelah sebelumnya diawal ramadhan sukses mengangkat acara dalam bentuk Festival Ramadhan dengan kegiatan lomba bernuansa islami dalam bentuk sholat berjamaah, pidato dan Fahmil Qur'an. Sementara  saat ini, kegiatan lebih diutamakan dalam  upaya menuju pribadi AlQuran dengan  pengembangan potensi anak, sebagai bentuk inovatif  dimana selain peningkatan hafalan  yang telah mereka hafalkan   juga kegiatan untuk lebih mendalami AlQuran, terutama penerapan  akan ilmu tajwid, baik sifat, madnya" ungkapnya bersemangat. Kegiatan ini berlangsung selama 24 jam dan diberi waktu istirahat dari pukul 22.00 s.d pukul 03.00 Wib.  


Di akhir acara pimpinan pondok, Jhoni Putra S.Pd.I melaporkan, bahwa  peserta  yang ikut sudah ada  mukhayyam yang mampu menghafal ayat Alquran antara 4 dan 8  juz, dan dengan program ini hafalan dan bacaan mereka semakin baik dan meningkat  dan berharap  akan muncul hafizah-hafizah baru dari program ini dan Alquran harus menjadi bagian dari keseharian umat Islam. (TJP)









 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama