Hati-hati! Lebaran Semakin Dekat, Tindak Kriminal Mengintai Anda

Ilustrasi tindak kriminal. (Sumber gambar; google)

Artikel, CanangNews - Beberapa hari lagi hari raya Idul Fitri akan segera tiba, hari kemenangan umat Islam ini akan terlaksana pada tanggal sekitar 13 Mei 2021. Tentunya pada hari-hari seperti ini akan banyak sekali persiapan untuk menanti datangnya hari tersebut. Seperti tunjangan hari raya (THR), baju lebaran dan masakan yang istimewa. Semua butuh persiapan khusus.

Semuanya butuh biaya yang lebih, tidak seperti hari biasa, biaya pada saat lebaran meningkat sebanyak 300 persen. Semua itu sudah menjadi tradisi oleh umat Islam, tidak lain hanya untuk merayakan hari kemenangan umat Islam sedunia. 

Namun, sebelum hari kemenangan itu tiba, mestinya kita harus meningkatkan kehati-hatian pada kehidupan sehari-hari. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada menjelang lebaran biasanya tindak kriminal akan meningkat. Karena tuntutan keluarga akan meningkat, namun banyak orang berbuat salah demi mendapatkan atau memenuhi kebutuhan mereka.

Para pelaku kriminal akan memanfaatkan situasi ini untuk beraksi demi memenuhi kebutuhan yang menuntu mereka. Padahal hari yang akan dihadapi adalah hari yang suci, namun rela berkotor diri dengan melakukan kejatahan demi tuntutan keluarga. Kita harus hati-hati dengan keadaan ini.

Seperti yang terjadi di daerah Kabupaten Dharmasraya, para petani karet sudah ada yang kehilangan karet hasil panen mereka yang masih di dalam tempurung penampung. Kehilangan karet pada hari-hari sebelum lebaran adalah musimnya, hal ini pasti terjadi. Jelas sekali semua itu terjadi karena tuntutan persiapan lebaran, namun mereka salah jalan dalam mencari rejeki.

Begitu juga dengan petani kelapa sawit, mereka juga sering kehilangan buah kelapa sawit mereka. Apalagi saat ini harga TBS sangat menggila alias mahal. Tentu hal ini juga meningkatkan tindak kriminal di hari-hari mendekati lebaran ini.

Tidak lupa, jika kita melakukan perjalanan keluar rumah hati-hati dengan aksi penjambretan dan pencopetan. Karena ini sering terjadi pada keramaian, pada saat seperti kebanyakan orang keluar pasti membawa uang lebih. Tingkatkan kewaspadaan diri, agar terhindar dari tindak kriminal yang mengintai kita semua.

Tetaplah berhati-hati, jangan sampai kita kecolongan oleh pelaku kriminal. Tidak hanya karet dan kelapa sawit, apapun usaha kita, tetap hati-hati, kapanpun dan di manapun. Tidak juga hari ini, setiap saat harus tetap hati-hati. (DS)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama