Demi Katana, TP PKK Padang Pariaman Berkolaborasi dengan Dinkes dan BPBD


Sikabu. CanangNews - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Padang Pariaman berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam mewujudkan Nagari Tanggap dan Tangguh Bencana. Kolaborasi ini dimulai dari Keluarga Tanggap dan Tangguh Bencana (Katana) di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuak Aluang, bersama Kader PKK Gagah Bencana dan masyarakat setempat, Selasa (25/5)2021).



Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita , Wakil Ketua TP PKK Yusnelly Erza , Ketua Bidang Pokja IV Yanti Herawati, Ketua Pokja IV Net Jimmi beserta Tim Pokja IV dan Kader bersama masyarakat Nagari Sikabu serta Tim Perwakilan Dinkes di Bidang Kesmas dan Yankes.



Pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Yusrita mengemukakan, Kabupaten Padang Pariaman merupakan daerah yang rawan bencana, baik ,bencana alam maupun non alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor kebakaran serta wabah penyakit seperti pandemi virus covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 hingga saat ini. 



"Melalui kegiatan ini diharapkan setiap keluarga di Kelompok Dasa Wisma binaan PKK Nagari, Kecamatan dan Kabupaten dapat menerapkan pemahaman tentang keluarga  siap siaga, tanggap dan tangguh dalam menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi, sehingga berkurang resiko terhadap dampak dari bencana tersebut," ujar Yusrita, istri Suhatri Bur - bupati Padang Pariaman. 



Dalam menghadapi bencana, lanjut dia, kata kuncinya adalah setiap individu dan masyarakat harus mengenali diri dan lingkungan masing-masing,dan hindari kepanikan agar dalam menghadapi dapat mengurangi risiko sekecil mungkin.



Turut hadir sebagai pemateri, pemberian arahan serta simulasi dalam menghadapi bencana gempa kepada masyarakat Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kabupaten Padang Pariaman.



Selesai memberikan arahan, TRC BPBD juga melakukan simulasi pada masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi. (Ferawati SGz / ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama