Studi Pengembangan Potensi Desa: Bupati Padang Pariaman Kunjungi Purwakarta


Purwakarta, CanangNews - Jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta menerima kunjungan kerja Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM, Rabu (7/4/2021). 


Kedatangan Bupati Padang Pariaman beserta rombongan diterima oleh Asda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Tri Hartono di Bale Maya Datar, Komplek Kantor Bupati Purwakarta. 


Ikut dalam rombongan Bupati Padang Pariaman antara lain Kadis Kominfo Zahirman, Kadis PMD Erman, Kadisdukcapil Muhammad Fadhly dan KabidE-Gov Roza Suhendra serta pejabat dari Kemendes RI Irwansyah dan Kemendikbud RI Yosdianto Sikumbang. 



Dalam pertemuan itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta atas sambutan yang diberikan terhadap kunjungan ini. 


Kemudian Suhatri Bur juga mengungkapkan, "tujuan dari kunjungannya, sebagai upaya untuk memajukan UMKM di Padang Pariaman. Untuk itu, dilakukan study komperatif ke Kabupaten Purwakarta yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Desa menjalankan program Web Desaku". 


Katanya, "Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan membuat program seperti Web Desaku yang telah berjalan di Purwakarta untuk meningkatkan peran BUMDes dan UMKM dalam pengembangan ekonomi masyarakat.



Bupati Suhatri Bur menyampaikan ketertarikannya kepada program Web Desaku yang dijalankan Pemkab Purwakarta guna mempromosikan potensi desa. Ia juga tertarik dengan cara Purwakarta memajukan BUMDes dan UMKM yang ada di desa-desa.


Mewakili Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Asda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Tri Hartono didampingi Kadis PMD Jaya Pranolo mengatakan, kunjungan Bupati Suhatri Bur ke Purwakarta merupakan sebuah kehormatan bagi Kabupaten Purwakarta. 


Ia menyebutkan sampai saat ini Purwakarta masih menata BUMDes agar dapat berkembang dan berdaya sesuai dengan yang diharapkan baik oleh Pemkab Purwakarta maupun Kementerian Desa. 



BUMDes di Purwakarta saat ini diberdayakan dari segala aspek yang mana di antaranya warga sudah dapat bayar pajak melalui BUMDes serta pembayaran lain sehingga lebih memudahkan. 


Sementara itu guna mempromosikan potensi desa yang di antaranya untuk memasarkan produk UMKM asal desa, Pemkab Purwakarta telah meluncurkan program Web Desaku. Program Web Desaku berjalan di semua desa di Purwakarta.


“Melalui Web Desaku produk UMKM di desa dapat dipasarkan secara luas. Termasuk juga potensi desa yang lain seperti dalam hal pariwisata dan kebudayaan,” ujar Tri.


Kunjungan Bupati Suhatribur bersama rombongan selama 2 (dua) hari di Purwakarta diakhiri dengan peninjauan perkebunan pisang yang memanfaatkan lahan tidur guna meningkatkan perekonomian masyarakat yang mengelola lahannya. Perkebunan masyarakat ini dibina dan difasilitasi oleh PT. iGrow dalam rangka kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama