Akibat Angin Kencang, Pohon Tumbang Hantam Bangunan dan Tutup Akses Jalan di Duo Koto



Agam, -Angin kencang kembali melanda wilayah Kabupaten Agam, yang mengakibatkan pohon bertumbangan menimpa bangunan dan menutup akses jalan di Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (4/4) dini hari.

Tanpa menunggu lama, Tim Reaksi Cepat (TRC) Siaga Bencana Nagari Duo Koto di bawah binaan Wali Nagari dan Bhabinkamtibmas, langsung terjun ke lokasi membersihkan material pohon tumbang tersebut.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Syafri mengatakan, dengan memanfaatkan motor pintar dan mesin pemotong kayu mini, relawan TRC berjibaku membersihkan enam titik pohon tumbang di nagari tersebut.

Pohon tumbang ini selain menutup akses jalan, juga menimpa sejumlah rumah warga yang alami kerusakan mulai rusak ringan hingga berat.

“Hanya hitungan jam lokasi kejadian sudah disterilkan dari material pohon,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun ia mengimbau warga agar tetap waspada dalam menyikapi cuaca yang akhir-akhir ini mulai ekstrem.

TRC Siaga Bencana ini terbentuk awal Januari 2021 yang beranggotakan perangkat nagari, Kelompok Siaga Bencana (KSB), Komunitas Masyarakat Peduli Api (KMPA) dan Front Masyarakat Peduli Lingkungan (FMPL).

“TRC Siaga Bencana dibentuk agar kita lebih responsif dalam mengantisipasi bencana yang terjadi di Tanjung Raya, khususnya Nagari Duo Koto,” terangnya. (WY/AY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama