Rapat DPRD,Wali kota Erman Safar akan Bangun Mesjid Dilahan Stasiun KAI Bukittinggi


Bukittinggi Canangnews,Konsolidasi paparan visi misi pemerintah kota Bukittinggi digelar dalam rapat DPRD Bukittinggi bersama seluruh Fraksi dan anggota dewan Selasa (16/3/2021).


Walikota Bukittinggi Erman Safar menjelaskan dalam berbagai hal untuk kemajuan kota Bukittinggi kedepan,seperti menjadikan kelurahan sebagai ujung tombak pembangunan.


"Tentu ini terlaksana melalui program yang diagendakan untuk mendapat dukungan dari seluruh anggota dewan,"papar Erman.



Diantara pertanyaan yang diajukan salah seorang anggota dewan, adalah terkait rencana penggunaan lahan milik PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang berada di tengah kota atau di area yang lebih dikenal stasiun Bukittinggi.


Walikota menjelaskan, soal program atau rencana untuk memanfaatkan lahan stasiun Kereta Api tersebut, Pemko Bukittinggi dibawah kepemimpinan Erman dan Marfendi telah membuat proposal permintaan pemakaian lahan dan telah disampaikan melalui Komisi VI DPR-RI.


"Beberapa hari lalu saya ke Jakarta dan telah menyampaikan ke  DPR-RI dan Menteri BUMN Erick Tohir bagaimana secepatnya area PT KAI di stasiun dapat dimanfaatkan guna kemajuan kota, sekaligus tentunya bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Permintaan pemanfaatan area stasiun tersebut selanjutnya disampaikan ke Direktur PT KAI," jelasnya.  


Melalui proposal yang disampaikan, sambung Walikota yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Bukittinggi itu, direncanakan pembangunan berbagai fasilitas umum. Pembangunan fasilitas umum, nanti, dipastikan tidak akan menganggu keberadaan rel-rel KA yang ada.


"Rencana pembangunannya adalah di bawah tanah atau basement dan diperuntukkan areal parkir kendaraan, diatasnya fasilitas para pedagang kecil atau kuliner. Selanjutnya diatas area pedagang, dikemas pembangunan alun-alun,taman dan diatasnya lagi, dibungkus pembangunan masjid Raya," ungkapnya.


Kemudian, soal peningkatan ekonomi kerakyatan, kata Walikota termuda Bukittinggi itu, kota punya makanan khas yang terkenal dan nilai jual  yaitu kerupuk sanjai. Karena itu lanjut Erman lagi, Pemko akan membantu masyarakat produsen menambah pangsa pasar yang lebih luas dan juga konsumen atau wisatawan  akan diarahkan ke satu titik dimana tempat penjualan sanjai-nya. 


"Setiap pengunjung atau konsumen yang akan membeli sanjai, kita arahkan ke suatu tempat yaitu di Kampung Sanjai Kelurahan Guguak Bulek Bukittinggi sebab produsen asal makanan ringan tersebut memang berasal dari sana," ucap Erman sambil menambahkan, terkait kemasan nanti juga akan diupayakan pengemasan yang lebih menarik.


Setiap paparan visi-misi yang disampaikan Walikota, pada umumnya dalam rapat bersama anggota dewan yang dipimpin ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan itu, turut mendukung tanpa mengurangi fungsi mereka sebagai legislator. (Nas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama