Wabup Rahmang Hadiri Vidcon Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat


Pariaman, CanangNews -  Wakil Bupati (Wabup) Padang  Pariaman Drs. Rahmang,MM menghadiri Video Conference (Vidcon) Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat, Rabu (24/3/2021) di Ruang Data Makodim 0308 Pariaman.


Vidcon ini juga dihadiri oleh Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko, Pasi Ops Kodim 0308/Pariaman Lettu Czi Delri Putra, Pasiter Kodim 0308/Pariaman Lettu Inf Aidil Adha dan Plt Kakan Kesbangpol Kabupaten Padang Pariaman Sadril S Sos.


Pada Vidcon tersebut Brigjen TNI Fahrid Amrin  Dirsumdahan pothan kemhan RI membicarakan terkait tujuan dibentuknya Komponen Cadangan Matra Darat yakninya untuk pembentukan Komcad sendiri, dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN).



“Ini juga bertujuan dimana merujuk beleid UU PSDN, yang dimaksud Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama. Dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkan, Komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional. Bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap tengah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela,” tambahnya.


Sementara itu Koptu Rudi Harianto sebagai pelapor berpendapat bahwa Pembentukan Komponen Cadangan Matra Darat memberikan kesempatan bagi warga negara untuk berbuat yang terbaik dalam menjaga, memperkuat pertahanan Negara yang bertujuan agar terciptanya Negara yang kuat sehingga disegani oleh Negara-negara lain. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama