Rakor Pemprov Sumbar: Bupati Suhatri Bur Ungkap Kelangkaan Pupuk


Padang, CanangNews -Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat di Padang, Rabu (24/3/2021). Rakor tersebut dengan tema 

"Penguatan Sinergisitas Program yang Terintegrasi Mewujudkan Pertanian dan Kemaritiman yang Tangguh, Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan di provinsi Sumatera Barat".




Dalam rakor tersebut Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi dua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Kabag Humas Anton Wira Tanjung SPi MSi Dt Panji Alam.


Ketika berbicara dalam rakor tersebut Bupati Suhatri Bur mengungkapkan tentang kelangkaan pupuk serta jaminan pasca panen terhadap hasil  produksi pertanian, sehingga perlu dicarikan solusinya. 


Dr Anton Apriantono - menteri pertanian periode 2014-2019 yang didapuk sebagai pembicara dalam rakor itu mengharapkan kepada gubernur Sumatera Barat membuat roadmap produk pertanian unggulan di masing masing kabupaten/kota. "Satu kab/kota satu produk unggulan" sehingga dengan mudah dapat menjamin ketersediaan pangan di Sumatra Barat. 


Sementara itu prmbicara berikutnya menteri kelautan dan perikanan periode 2004-2009 Prof. Rokhmin Dahuri menekankan pentingnya pemanfaatan potensi maritim provinsi sumatera barat sebagai basis perekonomian daerah karena Sumatera barat punya potensi Penangkapan ikan tuna terbesar di Indonesia, Sumatera barat juga didukung pelabuhan kelas A yaitu pelabuhan samudera Bungus. Selanjutnya potensi pariwisata bahari juga harus di garab maksimal.


Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam ulasannya mengatakan sangat bersyukur atas masukan dari pakar pakar di bidangnya, nantinya akan menjadi bahan sebagai arah kebijakan dalam menyusun RPJMD provinsi Sumatera Barat 2021-2026.  (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama