Tercepat Lengkapi Berkas di Sumbar, DD Tahap I Agam Cair


 

Agam, (Sumbar)-Pemerintah pusat telah cairkan Dana Desa (DD) tahap I untuk Kabupaten Agam. Dana itu ditransfer langsung ke rekening masing-masing nagari.

Suatu apresiasi juga bagi Agam, karena menurut Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi, bahwa Kabupaten Agam merupakan daerah pertama di Sumbar yang melengkapi syarat cairnya DD tersebut.

Kabid Bina Keuangan dan Kekayaan Nagari DPMN Agam, Bustanul Arifin di ruangan kerjanya, Senin (15/3) mengatakan, DD dicairkan langsung untuk 82 nagari yang tersebar di daerah itu, dengan total dana Rp27.854.151.000.

“Dana sudah dicairkan Jum’at kemaren. Dari 82 nagari yang menerima, terdiri dari empat nagari mandiri dengan dana sebesar Rp2.324.196.600, dan 78 nagari reguler dananya Rp25.529.954.400,” terangnya.

Ia mengatakan, syarat untuk pencairan dana desa ini seperti perbup tentang rincian dana desa, APB nagari, surat pengantar dari kepala daerah dan lainnya, berkas itu diinput dalam aplikasi omspan.

“DD yang sudah dicairkan itu di luar Bantuan Langsung Tunai (BLT), karena dana untuk bantuan sosial ini masih dalam proses,” sebut Bustanul.

Sementara itu, untuk Alokasi Dana Nagari (ADN) juga sudah dicairkan 8 Maret 2021, dengan total dana Rp13.659.867.487 bagi 68 nagari yang sudah melengkapi berkas persyaratan.

“Sedangkan 14 nagari lainnya masih dalam tahap melengkapi persyaratan seperti laporan realisasi serta hasil rekonsilisasi tahun 2020 dan lainnya,” terangnya.

Ia berharap, dengan telah cairnya dana desa ini pemerintah nagari agar dapat menyegerakan melakukan kegiatan sesuai yang sudah direncanakan dalam APB Nagari.

“Dengan cepatnya terealisasi DD, tentu pergerakan ekonomi masyarakat juga akan cepat terjadi,” jelasnya. (WY)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama