Replikasi Inovasi, Kadisdukcapil Muhammad Fadhly Berbagi Inspirasi di Serdang Bedagai

0

Sergai, CanangNews - Sebagai tindak lanjut pelaksanaan replikasi inovasi layanan Nagari Go Digital (Nagita) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kepala Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly S AP MM melakukan tindak lanjut program, Jumat (26/32021). Di antaranya program replikasi inovasi berupa transfer knowledge. 


 Fadhly memberikan presentasi terkait transfer knowledge untuk kesuksesan penerapan replikasi inovasi layanan online. Menurut dia, sumber daya manusia (SDM) dalam kesuksesan pelaksanaan inovasi pelayanan sangatlah penting.  SDM pelayanan harus dengan pola pemikiran baru. 


Pola pemikiran baru yang dimaksud Fadhly adalah perlunya melakukan berbagai perubahan cara pelayanan yang dilengkapi dengan berbagai instrumen pendukung terlaksananya pelayanan.


Di antara instrumen-instrumen yang diperlukan itu adalah dukungan SDM yang berpikiran maju dan out of the box, dukungan tenaga IT, manajemen front office dan back office, tim kreatif dan tim monitoring dan evaluasi. 



"Bagaimana cara baru bisa diterapkan, jika orang-orang yang akan menerapkan inovasi masih dengan pola pemikiran lama", jelas Muhammad Fadhly. 


Kabupaten Sergai saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk menjangkau pengguna layanan dengan layanan online. Kebijakan ini dilakukan menyikapi perubahan lingkungan dan tuntutan pelayanan sesuai dengan kemajuan teknologi. 


Di samping itu, kondisi pandemi covid-19 menuntut instansi pelayanan untuk melakukan perubahan mekanisme pelayanan dengan menaati protokol kesehatan. Mekanisme ini bisa dilakukan melalui pelayanan online

Untuk itu perlu dukungan yang maksimal untuk penerapan layanan administrasi kependudukan secara online. 


Dukungan itu meliputi; Regulasi; Komitmen Leader; Komitmen tim kerja; Peralatan WFO/WFH; Jasa Pengiriman; Paket Data; Back Office Team; All In One Operator/Layanan Terintegrasi. 


Regulasi terkait dasar hukum pelayanan administrasi kependudukan secara online. Disamping aturan umum melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri terkait layanan dalam jaringan (daring), Disdukcapil juga harus menyiapkan regulasi teknis dalam bentuk peraturan bupati.


Komitmen internal sangat dibutuhkan meliputi komitmen pimpinan dan komitmen tim kerja. Keberhasilan pelaksanaan inovasi didukung oleh komitmen mulai dari atasan sampai ke bawahan. 


Dukungan berikutnya adalah peralatan kerja serta dukungan akses internet. Serta yang terakhir adalah kebijakan pelaksanaan layanan terintegrasi yang bisa dilakukan oleh semua operator tanpa  terkotak-kotak berdasarkan bidang - bidang pendaftaran penduduk dan bidang pencatatan sipil. 


Dari pemaparan materi transfer knowledge, seluruh tim Disdukcapil Sergai menunjukkan komitmen yang kuat dan sikap antusias untuk keberhasilan penerapan inovasi. 


Pada sesi diskusi setelah shalat Jumat, Kepala Disdukcapil Sergai Fitriadi S Sos MSi telah membagi tim teknis untuk  menerapkan layanan replikasi inovasi ala nagari go digital mulai hari Senin 29 Maret 2021. 


"Semoga kolaborasi bersama Dukcapil Ceria Padang Pariaman dan Disdukcapil Sergai menjadikan pelayanan kami semakin nerseri," ujar Fitriadi. (R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top