Muara Siberut Selatan Musim Tamban Ibuk-Ibuk Turun Menangguk


Muara Siberut Canangnews,Ibuk-ibuk muara Siberut Selatan menangkap ikan kecil  (tamban)  menggunakan tangguk berbentuk segitiga terbalik yang sudah dianyam (letik)  dengan benang totoron bahasa mentawai.


Hal tersebut dilakukan ketika pasang surut,ibuk-ibuk yang datang dari dusun sekitaran Siberut Selatan berkumpul di laut pintu muara untuk menangguk ikan tamban yang berkebetulan sedang musimnya.

Tampak dari kejauhan pada saat long boat milik kecamatan Siberut Utara dari tuapeijat memasuki pintu muara Siberut untuk sekedar singgah minum.Sabtu (27/03/21).

Sennah salah seorang ibuk di desa tersebut mengakui bahwa jika musim ikan tidak akan susah diambil justru akan mubajir panen namun hal tersebut tidaklah setiap hari diperolehnya.

Terpantau pula seorang ibuk sedang asik menikmati hasil tangkapannya yang dimasukkan kedalam sebuah wadah dari bambu besar tua (Talukun) untuk menampung ikan tersebut.

Sementara dari dekat jika di lihat secara langsung cara penagkapannya cukup unik dengan merendam badan dilaut lepas sekitaran pintu muara dengan jarak tiga hingga empat meter dari temannya sehingga serentak ikan menuju tangguk.

Bukan hanya ibuk ternyata nelayan warga Puro juga ikut menangkap ikan menggunakan sampan menggunakan jaring ukuran kecil yang diperkirakan dapat menangkap ikan kecil tamban tersebut.

Ikan hasil tangkapan tersebut akan menjadi santapan harian bagi warga sekitar muara Siberut sekaligus menjadi jajanan penambah ekonomi bagi dirinya.(JS)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama