Lima Air Terjun, Surga Tersembunyi di Nagari Sikucua Barat


DENGAN hanya jarak tempuh  kurang lebih 10 km dari Kantor Camat V Koto – Kabupaten Padang Pariaman, Anda akan disambut oleh keindahan dan keasrian Air Terjun Baburai yang terletak di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucua Barat. Memiliki lingkungan yang masih asri, menjadikan kawasan air terjun ini menyejukkan pengunjung, bahkan merasa nyaman.

 

“Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dan sudah ada sejak dahulu. Hingga sekarang kita masih tetap menjaga keasrian dan kealamian air terjun ini, belum pernah ada yang diubah, baik lingkungan maupun keindahan alamnya, masih sama seperti sejak adanya air terjun ini. Keasrian inilah yang menjadi daya tarik dari Air Terjun Baburai,” kata Evereadi, sekretaris Nagari Sikucua Barat.

 

Masyarakat sekitar air terjun ini, lanjut dia, ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian dan mempromosikan air terjun ini sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Untuk memudahkan wisatawan menuju air terjun ini, masyarakat melaksanakan gotong-royong membuat akses jalan masuk.

 

Tidak hanya itu! Masyarakat sekitar juga berkontribusi dalam menjaga keamanan para pengunjung yang datang ke Air Terjun Baburai.

 

“Air terjun ini dikelola secara bersama, terutama oleh warga yang memiliki lahan di sekitarnya. Pemerintah nagari mulai membuka akses jalan pada tahun 2019  agar pengunjung lebih dekat dan aman sampai ke lokasi, mengingat akses jalan yang digunakan saat itu masih terlalu terjal dan susah untuk ditempuh. Hal ini dilakukan secara bertahap. Ke depan direncanakan akan membuat jalur beton pada akes jalan tersebut,” sambungnya.

 

Wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini, lanjut Evereadi, tidak hanya dari dalam daerah tetapi juga berasal  dari luar daerah.  Pengunjung biasanya ramai pada akhir pekan, terutama pada libur lebaran, di mana banyak perantau yang pulang kampung.

 

Dengan ada air terjun ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat seperti membuka lapangan pekerjaan untuk pemuda yang bertugas menjaga keamanan. Selain itu, juga adanya pemasukan bagi masyarakat berjualan di kawasan air terjun.

 

“Pada umumnya pengelolaan air terjun ini masih standar sehingga masih diperlukan pembenahan. Hal  yang dibutuhkan untuk pembenahan tempat wisata ini meningkatkan promosi melalui media sosial, meningkatkan pelayanan pengunjung agar betah dan nyaman selama berkunjung ke Air Terjun Baburai ini, menyediakan tempat peristirahatan, tempat kuliner, perbaikan dekorasi di sekitar air terjun dan menyediakan spot foto agar pengunjung lebih tertarik dan ramai datang berkunjung. Dengan demikian akan berpengaruh pada perekonomian masyarakat sekitar air terjun ini,” ulas Evereadi.

 

Selain Baburai, Nagari Sikucua Barat juga memiliki 3  air terjun lainnya. Di antaranya Air Terjun Alahan Panjang dan Air Terjun Rimbo Kalam dan Air Terjun Lubuk Mata Kucing.  Selain itu, masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Kecamatan V Koto Kampung Dalam. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama