Entaskan Kemiskinan, Dinsos Pasbar Segera Rampungkan Perbaruan DTKS


 

PASAMAN BARAT, (Sumbar)-Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan segera merampungkan perbaruan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di wilayah setempat. Hal tersebut merupakan upaya tindak lanjut atas visi dan misi Hamris terkait pengentasan keluarga miskin di Pasbar.

"Kami bersama Pemerintahan Nagari dan Dinas Pemberdayaan Masyarat Nagari (DPMN), sudah mulai menindak lanjuti Visi Misi Bupati Pasaman Barat terkait Pengentasan kemiskinan dengan memperbarui data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS) di Pasbar," Ujar Kadis Sosial, Yonnisala kepada Wartawan di ruangannya, Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut, untuk saat ini hampir di setiap Nagari, tim Tenaga Kesejahteraan Sosial sudah hampir rampung dalam proses velidasi DTKS, dan saat ini Dinsos Pasbar akan bekoordinasi dengan Polres Pasbar untuk penempatan Personil untuk melakukan pengawasan Velidasi DTKS.

"InsyaAllah dalam beberapa bulan kedepan data DTKS, dapat kita rampungkan. Sehingga masyarakat yg yg membutuhkan dapat kita masukan dalam DTKS dan yang sudah mapan hidupnya kita keluarkan dari data DTKS tersebut," ungkap Yonnisal.

Sementara itu, penerima BPJS gratis untuk saat ini sudah penuh, namun pihaknya akan terus berusaha untuk menambah kuota tersebut dan mencari cara lain agar dapat membantu masyarakat miskin berobat gratis.

"Saat ini ada 187.673 jiwa Masyarakat Pasbar yang sudah mendapat BPJS gratis, baik dari pemerintah pusat, Pemprov, maupun dari Pemda Pasbar. Kami sampaikan kepada masyarakat sudah mempunyai BPJS gratis agar dpt dimanfaatkan setiap bulannya. Sehingga kartu BPJS ini tdk terblokir." tutupnya. (YAN)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama