Dukung Pengembangan BUMNag, Ilkom Unidha Beri Pemahaman Aparat Nagari Tanjung Alai


PENGABDIAN: Suasana pengabdian dosen dan mahasiswa Unidha di Kenagarian Tanjungalai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, baru-baru ini.


Solok,  (Sumbar)-Dosen dan mahasiswa Program Studi Il- mu  Komunikasi Universitas Dharma Andalas  (Ilkom Unidha)  mengadakan program pengabdian ke Badan  Usaha Milik Nagari (BUMNag), Kenagarian Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, baru-baru ini. Kegiatan ini upaya meningkatkan kualitas pembelajaran ilmu komunikasi dan memasyarakatkannya kepada generasi muda.


Dikesempatan itu, dosen Unidha yang ikut dalam Zike Martha menyebutkan, program pengabdian bertema  "Sosialisasi Informasi" ditujukan untuk, memberikan pemahaman kepada aparat Nagari Tanjungalai soal perlunya berbagai upaya mengemas potensi semenarik mungkin, salah  satunya memanfaatkan ruang potensi daerah di nagari.


“Sekaligus, merekatkan komunikasi antara pihak akademisi yang dalam hal ini dosen dengan praktisi dan aparatur Kenagarian Tanjungalai, Kecamatan X Koto Singkarak,” terang Zike, kemarin. “Saya masih ingat dengan jelas pesan bapak Rektor (Prof Dr  Apt ,Deddi Prima Putra), kami  meyakini pendidikan berkualitas di Unidha memadukan pengetahuan, keterampilan dan etos positif dapat mewujudkan harapan menjadi kenyataan,” ungkapnya.


Lewat ini bisa dipahami bahwa dosen tidak boleh hidup dan berkembang dalam dunia teoritis  idealis,  kenyataan di lapangan sering terjadi kesenjangan dari apa yang diharapkan dari idealisme, adalah pihak yang paling  berpengalaman dengan kondisi di lapangan. 


"Maka dari itu, komunikasi baik danintensif antara kedua pihak ini perlu terus dilakukan,” kata Asni Bishry, salah seorang dosen Ilmu Komunikasi Unidha. Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini, terutama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unidha yang telah  mendanai kegiatan ini melalui skim Pengabdian dan BUMNag, yang telah  memberikan izin berlangsungnya tempat kegiatan pengabdian.


Acara yang diselenggarakan dalam satu hari ini, mendapat respons positif dari warga Kenagarian Tanjungalai di Kecamatan X Kotosingkarak. Di mana, kegiatan sosialisasi berlangsung tiga diantaranya, pemaparan materi pemanfaatan ruang sebagai media  BUMNag dan promosi. "Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, banyak informasi yang diperoleh dari kegiatan ini. Kami berharap dapat terus dilibatkan dalam acara dan pertemuan seperti ini.” ujarnya.


Sementara, salah seorang  peserta mengungkapkan respons senada,”kami seperti dapat semangat baru dalam informasi dan kami juga membutuhkan motivator  sebagai pengerak unit usaha kami” ujar Mely (Sekre-taris Wali Nagari Kecamatan Xkoto Singkarak).


Kesepakatan yang dicapai dari sesi ini direncanakan ditindaklanjuti dalam pertemuan dan forum komunikasi kedua pihak.  Nantinya, bakal diperkuat dengan kerja sama. Dalam  waktu bersamaan, sekelompok mahasiswa ilmu komunikasi  yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa ilmu komunikasi  (Hikmida) mengadakan pomosi ke SMA1 Batanganai, SMA PGRI 1 Padang, SMA 3 dan SMA 5 Bukittinggi.


Asni selaku Ketua Pelaksana kegiatan menjelaskan, “Kegiatan  ini salah  satu dari program kerja dari dan promosi dari Unidha, serta prodiI lmu Komunikasi, kedepannya lebih baik (Team Peganbian Ilkom Unidha)- (Zike)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama