DPPKB Padang Pariaman BKKBN Sumbar Lakukan Penguatan Kespro di SMA 1 Lubuak Aluang


Lubuak Aluang, CanangNews – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan kegiatan penguatan kesehatan reproduksi (kespro) remaja di Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Tapian Puti Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lubuak Aluang, Selasa (23/3/2021). Iven ini didukung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

 

Ketika membuka kegiatan ini, Kepala DPPKB Padang Pariaman dr H Aspinuddin yang diwakili oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Keluarga Sejahtera Nur Octavia Syamsul STrKeb mengemukakan, melalui program inovasi DPPKB dan Forum Generasi Berencana (GenRe) Padang Pariaman, yaitu Bere-bere (Bengkel GenRe Bereputasi), PIK-R yang ada mampu menjadi wadah remaja untuk berbagi informasi tentang kespro dan permasalahan remaja lainnya. Dengan demikian akan tercipta remaja yang sehat, cerdas, ceria dan inovatif.

 


“Peran Forum GenRe dengan Bere-bere akan lebih efektif dalam berbagi informasi tentang kespro dan permasalahan lain kepada sesama remaja. Sebab, mereka berkomunikasi dengan bahasa remaja yang tentu lebih menyambung dan cepat mereka pahami,” ujar Dokter Jimmi (sapaan Aspinuddin) sebagaimana disampaikan Aya (sapaan Nur Octavia).

 

Dengan adanya kegiatan ini, Dokter Jimmi menyatakan harapan agar informasi tentang kespro dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh remaja karena disampaikan langsung oleh remaja dengan bahasa remaja pula, sehingga nantinya akan terwujud remaja sehat dan berkualitas.

 


Sebelumnya, Wakil Kepala SMA 1 Lubuk Alung Yuslita Devy MPd dalam kata sambutannya menyatakan sangat berterimakasih kepada DPPKB dan BKKBN yang menyelenggarakan kegiatan ini. Menurut dia, acara yang diikuti puluhan aktivis PIK-R Tapian Puti yang ber-markas di sekolah itu sangat bermanfaat dalam menambah dan memperkaya wawasan siswa dan siswi yang berusia remaja.

 

Kepada para peserta, Yuslita Devy meminta agar mengikuti kegiatan ini dengan serius agar mampu menyimak dan menyerap ilmu serta informasi yang disampaikan narasumber, selanjutnya membagikan kepada teman-teman sesama remaja, baik di lingkungan SMA 1 Lubuak Aluang maupun di lingkungan mereka berdomisili.

 


Selanjutnya, Kepala BKKBN Sumbar Fatmawati ST MEng yang diwakili Hasmy Raharini SST (Sub Koordinator Bina Kesertaan KB Wilayah dan Sasaran Khusus) memaparkan seluk-beluk penguatan kespro bagi remaja. Pemaparan didukung oleh presentasi dengan in focus pada layar lebar dan pemutaran video serta tanya-jawab dengan peserta.

 

Bersama Hasmy Raharini juga hadir Indra Murid Murdani SIKom (Sub Koordinator AKIE), Fikriyatul Arifah SKM (Staf Kespro) dan Ilham (Staf AKIE) BKKBN Perwakilan Provinsi Sumbar, dengan peran masing-masing, termasuk melakukan perekaman video dan pengambilan foto-foto kegiatan itu. (Zakirman Tanjung)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama