Disparpora Agam Persiapkan Tim Paskibra


 

Agam, (Sumbar)-Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2021. Kegiatan tersebut merupakan upaya persiapan untuk pelaksanaan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan ke-76 RI jika situasi memungkinkan, karena kondisinya sekarang masih pandemi Covid-19.

Kepala Disparpora Agam, Syatria, Selasa (9/3) mengatakan, hingga kini petunjuk yang jelas untuk pelaksanaan upacara belum ada. Melihat pengalaman tahun lalu, pelaksanaannya secara terbatas baik peserta upacara maupun Paskibara.

“Tahun lalu hanya melibatkan tiga orang Paskibra dengan posisi sebagai penggerek bendera,” ujarnya.

Yang jelas katanya, dilakukan persiapan, jika diizinkan secara normal pihaknya siap untuk melaksanakan, bahkan Pemprov Sumbar juga meminta untuk mengirimkan nama yang akan diusulkan jadi Paskibra nasional.

“Selain persiapan untuk Agam, juga dipersiapkan untuk ikuti seleksi tingkat provinsi yang akan diusulkan jadi calon Paskibra tingkat nasional,” sebutnya.

Kabid Pemuda Disparpora Agam, Aliyas menjelaskan, calon Paskibra yang diseleksi sebanyak 178 orang yang merupakan utusan dari SMA sederajat se-Agam.

Seleksi yang dilaksanakan seperti tes kesehatan, fisik dan Peraturan Baris Berbaris (PBB), dengan tim penyeleksi dari kesehatan, Purna Paski Agam yang telah memiliki sertifikat kompeten, TNI, dan Polri.

“Seleksi telah dilaksanakan 3-4 Maret 2021 di GOR Basamo Mangko Manjadi Padang Baru Lubuk Basung, untuk memilih 67 Paskibra,” ujarnya.

Dari jumlah Paskibra yang dipilih itu, sudah termasuk nama yang akan dikirim ke provinsi untuk mengikuti seleksi tingkat Sumbar sebanyak tiga pasang.

“Saat ini tim penyeleksi masih merekap nama yang lulus seleksi, kemudian dikarantina sampai selesai pelaksanaan upacara. Selama dikarantina mereka ikuti pelatihan fisik, mental, PBB, pembinaan-pembinaan sehingga akan muncul jiwa kepemimpinan dalam diri Paskibra,”jelasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama