Bupati Suhatri Bur : Forum RKPD Mewujudkan Sinergisitas Pembangunan


Paritkmalintang, CanangNews – Bupati Suhatri Bur SE MM didampingi Wakil Bupati Drs Rahmang MM membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022. Kegiatan yang difasiltasi Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) ini berlangsung di Aula Kantor Bupati, Parimalintang, Selasa (9/3/2021).


Ketika memberi pengarahan, Bupati Suhatri Bur mengatakan, mekanisme perancangan RKPD diatur berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Penyusunan RKPD bertujuan untuk mewujudkan sinergitas antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan serta mewujudkan efisiensi dan alokasi sumberdaya alam dalam.


“Dalam RKPD untuk tahun 2022 yang perlu diutamakan pembangunan ekonomi dan sumber daya manusia,” ujarnya.


Oleh karena itu, lanjut dia, sangat penting meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Padang Pariaman. 


"Dalam rancangan RKPD kita perlu mensinergikan dengan kegiatan di tahun-tahun sebelumnya. Dua tahun terakhir kita telah berhasil menekan angka kemiskinan dan meningkatkan Indeks pembangunan manusia (IPM). Untuk tahun 2022 kita perlu mempertahankan nya dengan mengutamakan pembangunan ekonomi dan pembangunan manusia,” ulas Suhatri Bur.


Ia mengingatkan, dalam perancanngan RKPD untuk tahun 2022 harus menyelaraskan dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati. Dalam visi dan misi terkandung 4 poin penting, yakni Padang Pariaman unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya yang harus menjadi panduan dalam merancang RKPD. 


Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ir H Arwinsyah MT dalam kata sambutannya menekankan perlu sinergitas antara eksekutif dan legislatif dalam Perancangan RKPD. "Mewakili DPRD, kami sangat menyambut baik perencanaan penysunan RKPD untuk tahun 2022 ini,” ujarnya. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama