Dihadiri Kepala BKKBN, Wabup Rahmang Launching Sergap Kakab VI


Lubuak Aluang, CanangNews – Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman Drs Rahmang MM me- launching / meresmikan kegiatan Serentak Menggarap Kampung Keluarga Berkualitas (Sergab Kakab) VI sekaligus mendukung kegiatan Tentara Nasional Indonesia / TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Kampung KB Nyarai Indah Kencana Korong Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubuak Aluang.

 

Sebelum launching, kegiatan sergap kakab ditinjau oleh Perwira Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayjen TNI Irwan Zaini SIP MHum selama satu jam lebih. Sedangkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diwakili Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Tata Laksana Dr dr Hariyadi Wibowo MARS mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

 


Kedatangan Wabup Rahmang bersama Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Tata Laksana BKKBN Pusat, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, serta tamu undangan disambut oleh Duta Generasi Berencana (GenRe) DPPKB dengan Flashmob Tari Aku Indonesia. 


Mendapat sambutan meriah, Wabup Rahmang dan tamu lainnya terlihat ikut larut dan ikut menari sembari memberi apresiasi kepada Duta GenRe.



Selain itu, launching Sergap Kakab VI ini juga dihadiri antara lain oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Dr (K) H Hendri Satria AP MSi, Kepala Dinas Kesehatan Drs H Yutiardy Rivai Apt, Kepala Dinas Perikanan Drs Zainil, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Yurisman SP MM, Camat Lubuak Aluang Zarmiati SP serta walinagari se-Lubuak Aluang.

 

Dalam kata sambutannya, Wabup Rahmang memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dr H Aspinuddin beserta jajaran yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. “Semoga nantinya kegiatan ini akan terus berlanjut demi tercipta keluarga yang lebih terencana,” ujarnya.

 

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman menyambut baik kegiatan sergap kakab karena sangat penting dan stratgis dalam mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas secara menyeluruh.

 

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dan bekerja keras serta memberikan sumbangsih tenaga dalam pencapaian program pembangunan keluarga berencana (bangga kencana),” katanya lagi.

 

Mantan Kepala Dinas Pendidikan ini pun menyatakan, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sebagai bagian inovasi DPPKB merupakan satuan wilayah sertingkat RW atau dusun yang memiliki kriteria tertentu, di mana terdapat keterpaduan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana serta pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis. “Dengan adanya program bangga kencana menjadikan masyarakat mengerti akan program yang dilaksanakan oleh pemerintah.

 

Sebelumnya, Kepala DPPKB dr H Aspinudin melaporkan, Kampung KB adalah program yang diselenggarakan setingkat pada wilayah setingkat RW / dusun dan dilaksanakan pada kampung atau desa yang meniliki berbagai permasalahan, baik masalah kesehatan, angka kelahiran tinggi, pendidkan, pertanian, sosial, administrasi kependudukan maupun masalah ekonomi.

 

Dengan kegiatan sergap kakab, kami melakukan inventarisasi permasalahan, kemudian melaporkan kepada kepala daerah dan memaparkan (ekspos) kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Selanjutnya, bersama OPD terkait kami melakukan intervensi dan pembenahan sehingga permasalahan tersebut dapat diselesaikan,” ujar Dokter Jimmi, sapaan Aspinuddin.

 

Hingga saat ini, ulas dia, Kabupaten Padang Pariaman telah memiliki 22 Kampung KB yang tersebar pada 17 kecamatan. “Kami menargetkan agar masing-masing kecamatan memiliki minimial 2 (dua) Kampung KB. Mudah-mudahan target ini segera tercapai,” katanya lagi.

 

Sergap kakab merupakan upaya bersama lintas sektor yang diinisiasi oleh DPPKB untuk melakukan intervensi secara bersama sehingga masalah yang terjadi dapat ditanggapi secara cepat dan tepat. Ini merupakan penyelenggaran sergap kakab yang ke-6 dan merupakan inovasi DPPKB, di samping 5 program lainnya ,” papar Mantan Kepala Dinas Kesehatan ini.

 

Pada kegiatan sergap kakab sebelumnya telah pelayanan akseptor KB, memberikan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) 5 unit, pembuatan jamban keluarga 25 unit, beasiswa untuk 85 orang, kursi roda dan kaki palsu dengan sumber dana bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang Pariaman serta bantuan kitab suci Al-Qur’an dari Kantor Kementerian Agama. Untuk peningkatan ekonomi telah diberikan bantuan bibit puyuh, bibit ikan serta bibit tanaman seperti jagung oleh OPD terkait. Begitu pula pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), perpustakaan dan BPJS Kesehatan.

 

“Dalam kegiatan sergap kakab keenam ini juga dilakukan layanan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) berupa pemasangan intra uterin device (IUD) dan implant kepada 89 akseptor pasangan usia subur (PUS), bantuan rehab RTLH, jamban, beasiswa, benih ikan nila, kitab suci Al-Qur’an, bibit durian musang king dan pinang wangi serta layanan adminduk, perpustakaan dan BPJS Kesehatan,” kata Dokter Jimmi. (Aya/Jefry/ZT)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama