Berpidato di Depan Rapat Paripurna DPRD, Bupati Suhatri Bur Tekankan 4 Kata Kunci

Pariaman, CanangNews - Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka serah terima jabatan dan penyampaian pidato sambutan bupati hasil pemilihan kepala daerah tahun 2020. Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat DPRD - Pariaman, Senin (8/3/2021). 


Dalam pidatonya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM menyatakan, mewujudkan Padang Pariaman unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya adalah cita-cita dan harapan yang akan diwujudkan dalam lima tahun ke depan. Empat kata kunci penting yang akan diwujudkan melalui RPJMD Kabupaten Padang Pariaman yakni unggul berkelanjutan memiliki makna suatu tekad untuk menjadikan Kabupaten Padang Pariaman maju selangkah dibandingkan daerah lain dalam segala hal yang dilaksanakan secara berkelanjutan. 



“Religius adalah kondisi masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma agama berpegang teguh pada ajaran agama dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari. Sejahtera merupakan suatu kondisi masyarakat yang mencapai taraf kehidupan yang layak dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial budaya. Berbudaya merupakan suatu gambaran kondisi masyarakat yang mempertahankan adat isitiadat sebagai warisan nenek moyang terlebih dahulu dan harus dipandang sebagai sebuah potensi wisata budaya untuk mengangkat niali-nilai budaya kita agar lebih dikenal oleh dunia luar,”terangnya.


Ia juga menerangkan penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 tentunya menjadi prioritas pada tahun ini, dengan berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi tetap berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Padang Pariaman, selain itu pemulihan ekonomi juga menjadi konsentrasi dengan menggeliatkan UMKM dan IKM yang ada diharapkan ekonomi masyarakat tidak begitu terdampak dari pandemi Covid-19. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif menjadi prioritas utama dengan  didukung oleh SDM Aparatur Pemerintah yang kompeten.



"Memiliki integritas dan inovatif dituntut untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan membentuk tata kelola pemerintah yang baik, berkomitmen dengan regulasi yang dalam mewujudkan itu kami berharap adanya peran dan kontribusi nyata dari swasta dalam memacu pembangunan serta bertekad untuk meningkatkan investasi di Kabupaten Padang Pariaman untuk memberikan kemudahan pengembangan pariwisata contohnya di Malibou anai yang akan menjadi destinasi wisata di Sumatra Barat,"sambungnya


Ia juga mengajak dalam mengatasi kesenjangan gender guna terwujudnya kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan. Untuk itu Pemerintah Daerah berkomitmen melaksanakan dan mempromosikan pengarusutamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG) untuk mencapai Keadilan dan Kesetaraan Gender (KKG). 


"Percepatan PUG sebagai strategi guna memastikan semua kelompok masyarakat (laki-laki, perempuan, anak, penyandang disabilitas, lansia, dan kelompok rentan lainnya) dapat terlibat dalam proses dan merasakan hasil pembangunan. Sinergitas seluruh stakeholders akan mewujudkan tujuh prasyarat Pengarusutamaan gender yakni meliputi komitmen, kebijakan, kelembagaan PUG, sumber daya manusia, data terpilah, alat analisis, dan jejaring kemasyarakatan. 

Upaya kita dalam percepatan Pengarusutamaan gender mendapat apresiasi oleh Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kabupaten Padang Pariaman sebagai salah satu daerah nominasi peraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Bapak Presiden RI,"ungkapnya 


Ia juga menyebutkan pada minggu kedua bulan maret ini, Tim verifikasi pusat akan menilai dan melakukan wawancara terhadap indikator-indikator yang telah ditetapkan. Semoga hasil verifikasi tersebut bisa meraih hasil terbaik dan dapat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya.



"Pada hari yang istimewa ini, terutama dan menjadi inti pokok acara ini, izinkan saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dari lubuk hati terdalam kepada Plh.Bupati, H.Jon Priadi,SE.MM yang saya lihat dengan tulus ikhlas selalu siap dan selalu ada di berbagai kondisi, termasuk saat menjadi Plh. Bupati kemaren. Dengan pribadi yang cerdas,mengayomi serta memiliki emotional intelligence yang tinggi, beliau saya lihat selalu sanggup menghadapi setiap permasalahan dan kondisi dengan kepala dingin.

Semoga Pak Sekda selalu sehat dan mampu mengemban tugas sebagai sekda sampai masa purna tugas nanti,"tutupnya


Sebelumnya Plh. Bupati Padang Pariaman Jonpriadi,S.E.,M.M. mengatakan berdasarkan telegram dari Gubernur Sumatra Barat bahwa memberikan amanah sampai dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terpilih.


"Amanah tersebut telah dapat dilaksanakan dan dapat ditunaikan, semoga Bupati dan wabup yang dilantik pada 26 Februari 2021 dapat menjalankan amanah dan menjalankan visi misi terebut.

Kami juga siap mendukung visi misi bupati terpilih dimana saat ini kita tengah tengah menyusun RPJMD sesuai dengan visi dan misi semoga segera terselesaikan sehingga tidak menunggu 6 bulan RPJMD ini telah dapat ditetapkan oleh DPRD. Mari bersama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga terciptanya kenyamanan bagi masyarakat," tutupnya. 


Pada kesempata  ini juga diadakan penandatanganan komitmen bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman untuk percepatan pelaksanaan dan mempromosikan pengarusutamaan gender melalui perencanaan penganggaran yang responsif gender untuk mencapai keadilan dan keseteraan gender di Kabupaten Padang Pariaman. (R/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama