Upaya Zero-kan Kasus HIV - AIDS di Kabupaten Padang Pariaman, DPPKB Gencar Lakukan Penyuluhan

 

Batang Anai, CanangNews Berlokasi di Nagari Sungai Buluah Timur, Kecamatan Batang Anai, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dr H Aspinuddin beserta jajarannya dan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Padang Pariaman melakukan penyuluhan tentang Human Immunodeficiency Virus (HIV) sebagai penyebab Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) kepada Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja ( PIK- R ) Merpati Salisiakan, Jumat (27/11/2020).

Pada kesempatan itu, Dokter Jimi (sapaan dr H Aspinuddin) mengemukakan, DPPKB berkomitmen untuk mengupayakan zero atau nihil kasus HIV AIDS di Kabupaten Padang Pariaman dengan cara semakin menggencarkan kegiatan penyuluhan dan memberikan sosialisasi terhadap remaja, keluarga dan masyarakat tentang bahaya dan penularan HIV AIDS.


Tujuan menggencarkan kegiatan ini, lanjut dia, dikarenakan penderita HIV AIDS lebih banyak ditemukan pada usia produktif. Hal ini berarti bahwa pada usia remaja mereka sudah tertular HIV, namun baru menunjukkan gejala 5 – 10 tahun kemudian.

Dr H Aspinuddin yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, HIV merupakan virus yang mematikan, menyebabkan harapan dan masa depan seseorang yang positif HIV menjadi suram. Sampai saat ini, obat untuk membunuh virus HIV belum ditemukan, yang ada hanya obat untuk menghentikan virus-nya berkembang-biak tetapi tidak membunuh virus yang sudah masuk ke tubuh, yaitu anti retro viral (ARV). Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati.


Kepada para remaja dan masyarakat, Dokter Jimi berpesan agar bersikap wajar dan jangan mendiskriminasi orang dengan HIV – AIDS (ODHA). Jangan takut tertular, karena HIV tidak menular melalui sentuhan, keringat atau berbagi makanan. Virus ini hanya menular melalui cairan kelamin, darah dan air susu ibu yang positif HIV.

Remaja yang terhindar dari HIV AIDS, narkotika, psikotrofika dan zat adiktif lainnya (Napza) serta seks bebas akan menjadi aset dan masa depan keluarga serta mampu mempersiapkan dirinya dalam merencanakan keluarga sehat, tangguh dan produktif,” ulas Dokter Jimi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Nur Octavia Syamsul STr Keb, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Staf KB Kecamatan Batang Anai, Walinagari Sungai Buluah Timur Zulkifli, Duta GenRe Padang Pariaman, Kader, Pengurus PIK Remaja Merpati Salisikan serta Remaja Nagari Sungai Buluah Timur. (Aya/ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama