Akhirnya UMSB Raih Akreditasi “B”

0

 Bukittinggi,canangnews---Institusi pendidikan perguruan tinggi di Provinsi Sumatera Barat, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang sudah lama didampakan, berkat kerja keras semua akademitas, akhirnya meraih akreditasi “B”. Untuk menikmati rasa syukur tersebut, dan sekaligus syukuran penempatan gedung baru walaupun belum selesai seluruhnya, tapi lantai dasar, 1, 2 dan 3 sudah bisa ditempati untuk belajar dan mengajar mahasiswa sedangkan lantai lainnya sedang dalam pekerjaan secara bertahap.
UMSB mengadakan syukuran dengan Tausyiah yang disampaikan Prof.Dr.H.Yunahar, Lc, M.Ag dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bertempat di aula fakultas pariwisata, Senin (8/1/2018). Pada kesempatan tersebut hadir Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Dr.H.Shofwan Karim Elha, MA, Rektor UMSB, Dra.Novelty, M.Hum, serta wakil rektor, ketua dan anggota senat UMSB.
Rektor UMSB, Novelty mengatakan seusai acara, meraih akreditasi “B” memang perlu perjuangan dan kerja keras seluruh akademitas, ketika ada akreditasi institusi perguruan tinggi pertama kali tahun 2015, UMSB sudah melakukannya dan mendapat nilai 283. Dikatakan majelis Dikti, dari nilai tersebut masih ada sedikit yang harus dibenahi, yaitu Lembaga Penjamin Mutu (LPJM) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Dari dua lembaga itu sudah dapat dibenahi, maka yang kita dampakan bersama akreditasi “B” kita dapatkan, ucap Novelty.
Harapannya kedepan yang pertama tentunya UMSB semangkin meningkatkan kualitas akademisnya baik dalam pembelajaran maupun dalam hibah-hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan yang kedua tidak kalah pentingnya memperbanyak jumlah mahasiswa karena itu tantangan bagi PP, inilah yang betul-betul mendesak.
Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yunahar, sangat senang UMSB mendapat akredatasi “B”, dengan pesannya, semua ditingkatkan kemampuan dosen, keaktifan mahasiswa mengikuti kuliah, kalau semuanya itu meningkat tidak kemungkinan untuk mendapat akredatasi “A”. Untuk mendapat akredatasi “A” struktur pengajar bergelar titel doktor dan profesor harus banyak, kemudian juga ditunjang dengan sarana prasarana. Yunahar berharap jumlah mahasiswa di UMSB terus meningkat dari tahun ke tahun.
Selanjutnya Yunahar mengatakan, dosen maupun mahasiswa dikampus UMSB harus ada penelitian, pengajaran, pengabdian masyarakat sesuai dengan tridarma perguruan tinggi, dan juga ada karya-karya dosen seperti meneliti dan menulis journal-journal yang nasional maupun internasional, banyak menulis di media supaya UMSB banyak dikenal. mahasiswa pun didorong untuk berprestasi dengan banyak mengikuti bermacam-macam lomba, ucap Yunahar.

Sedangkan Pimpinan wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat, Shofwan Karim Elha mengatakan, kita akan mendorong civitas akademika UMSB untuk mempertahankan kualitas yang ada sekarang dan meningkatkan yang pada saatnya nanti harus akredatasi “A”, Muhammadiyah bersyukur, kini UMSB telah mendapat akredatasi “B”. Kedepannya kita bersama-sama dengan universitas dan seluruh warga Muhammadiyah Sumatera Barat untuk mencapai target akreditasi “A”. Sehingga nantinya UMSB pada saatnya menjadi yang terbaik di Sumatera maupun di Indonesia, Asean dan juga di dunia, pungkas Shofwan Karim Elha. (Iwin SB)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top