Camat 2x11 Enam Lingkung Gagas Pembentukan Pondok Al-Qur’an

Drs Azwarman MM (kanan) semasa jadi Camat Sungai Geringging

 

Sicincin, CanangNewsGenerasi muda Islami harus mengerti, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Oleh karena itu, orangtua dan masyarakat wajib mendidik mereka semenjak usia dini. Jika tidak, mereka akan tumbuh tak terarah.

 

Ungkapan bernada keprihatinan itu dilontarkan Camat 2x11 Enam Lingkung Drs Azwarman MM kepada wartawan CanangNews,  Rabu (12/4/2017). Untuk mengantisipasinya, ia menggagas pembentukan Pondok Al-Qur’an, baik di tingkat nagari maupun di tingkat kecamatan.

 

“Alhamdulillah... kita sudah berhasil membentuk Pondok Al-Qur’an Nagari. Yakni Nagari Sicincin, Sungai Asam dan Lubuk Pandan. Saat ini kita sedang menyiapkan Pondok Al-Qur’an Kecamatan yang Insya Allah akan diremikan Pak Bupati Padang Pariaman, Selasa 18 April nanti,” ujar Alumni Universitas Jambi ini.

 

Tidak sekadar membentuk Pondok Al-Qur’an, Camat Azwarman sekaligus memfasilitasi pengurus, penanggungjawab serta melobi tokoh-tokoh sebagai donatur. Kalau untuk nagari, biaya pelaksanaannya bisa dimasukkan ke dalam dokumen penggunaan anggaran.

 

Ketika ditanya apa fungsi Pondok Al-Qur’an Kecamatan, Azwarman menjelaskan, untuk pemantapan terhadap santri yang sudah dididik pada Pondok Al-Qur’an Nagari. “Kita akan seleksi masing-masing 15 santri pernagari untuk dididik di Pondok Al-Qur’an Kecamatan.”

 

Kenapa 15 orang? Azwarman kembali menjelaskan, masing-masing lima santri untuk Tahfidz, Tilawah dan Tartil. Ia pun menyatakan keprihatinan karena Kecamatan 2x11 Enam Lingkung berada pada rangking ke-16 dari 17 kecamatan dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Padang Pariaman , November 2016 lalu.

 



Hingga saat ini, satu-satunya kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang sudah memiliki Pondok Al-Qur’an barulah Sungai Geringging. Pondok Al-Qur'an Kecamatan Sungai Geringging ini digagas Camat Azwarman dan diresmikan Bupati Padang Pariaman, Sabtu 20 Februari 2016. (zast)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama