Kota Pariaman Maju Selangkah dalam Program Sejuta Domain

0

Pariaman, (Canang News)--Wakil Wali Kota Pariaman Genius Umar membuka pemberdayaan masyarakat informasi tentang "Indonesia Go Online 1 Juta Domain" yang dilaksanakan di ruang pertemuan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Kopperindag), Rabu lalu.

Kegiatan pembedayaan masyarakat informasi ini dihadiri Kepala Dinas Kopperindag Gusniyeti Zaunit, S.Kom, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Yota Balad, SSTP, Kabag Ekbang, Rismen Am, S.Sos, MM dan pejabat lainnya serta 45 pelaku UMKM se-Kota Pariaman.

"Pada dasarnya go online merupakan pengembangan teknologi informasi melalui pengolahan data yang diproses untuk dapat disampaikan dalam berbagai bentuk teknologi komputerisasi yang memiliki arti. Tujuannya agar dapat dimanfaatkan atau dimengerti oleh manusia, memperluas dan memperbaiki kondisi manusia, atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia," kata Genius Umar.

Lebih lanjut ia sampaikan, kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media, teknologi yang diterapkan akan merubah beberapa aspek pola budaya dari konvensional ke digital.

“Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang bisnis, yang lebih dikenal dengan e-business,” katanya.

Menurutnya, implikasinya dituangkan dalam aplikasi website untuk e-business karena dengan adanya website sebagai penjualan. Selain itu, untuk memberikan suatu informasi tentang suatu pengalamatan ke seluruh jaringan internet digunakan domain agar lebih mudah costumer mengingat dan mencari bisnis yang dijalankan secara online.

“Tingginya persaingan di era bisnis modern ini menjadi perhatian kusus bagi pemerintah agar para pelaku UKM dapat bersaing, Pemko Pariaman telah berinisiatif meningkatkan kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat dalam promosi bisnis online sejak 2 (dua) tahun yang lalu melalui program Kampung Digital,”, paparnya.

Selain untuk memasarkan produk dan daya saing, teknologi informasi juga mempermudah pelaku UKM untuk memperoleh informasi terbaru yang bersangkutan dengan usahanya, berdasarkan data UKM binaan Kopperindag Kota Pariaman tahun 2016 telah mencapai 200 domain UKM.

(AD/HMS)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top