Sicincin, CanangNews -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melakukan aksi bersama dengan Dinkes Kabupaten Padang Pariaman beserta jajaran Kader Tanggap (Derap) Covid-19 mengkampanyekan disiplin pakai masker kepada masyarakat agar terhindar dari penularan covid-19. Kegiatan itu berlangsung di Pasar Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Jumat (11/12/20)..

Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Kasi Promkes) Dinkes Sumbar Desra Elena SKM MKM mengatakan, memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan covid-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. 

"Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut," katanya saat memberi arahan sebelum melakukan kampanye.

Menurutnya, upaya-upaya untuk mencegah penularan covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Dinkes Sumbar melakukan Kampanye perilaku sehat tersebut di seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Barat.

"Mengkampanyekan pakai masker adalah program Dinkes Sumbar untuk kabupaten/kota se Sumatera Barat. Hari ini di Padang Pariaman dan kami berharap agar kegiatan ini dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman untuk memkampanyekan pemakaian masker ke seluruh wilayah Padang Pariaman," ujarnya Desa.

Kepala Dinkes Padang Pariaman Drs H Yutiardy RivaiApt pada kesempatan ini memimpin rombongan untuk melakukan kampanye, di samping melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung juga memasang stiker yang berisikan himbauan mmematuhi protokol kesehatan covid 19. 

"Hal ini dilakukan adalah salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid 19 di Padang Pariaman. Masyarakat diharapkan punya kesadaran sendiri untuk menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus covid 19,"kata Yutiardy.

Ia menambahkan,bmelalui kegiatan ini diharapkan memakai masker sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, menjaga jarak pada saat bersama, dan selalu membiasakan mencuci tangan pakai sabun," ujarnya.

Kegiatan kampanye masker ini juga didampingi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinkes Padang Pariaman Hj Nurhayati Mola SSiT MARS serta melibatkan lintas sektor yang ada di kecamatan seperti Babinkantibmas, Babinsa, walinagari dan kader posyandu, Petugas Puskesmas Sicincin serta Anggota Saka Bhakti Husada Padang Pariaman. (MH/ZT)