Sikabaluan Canangnews,Bodi bot milik Desa Muara Sikabaluan yang tengah bersandar di pelabuhan Pokai masih menjadi tanda tanya.


Pasalnya keberadaan Bodi bot tersebut tidak ada dalam rencana anggaran APBDes 2020 yang sudah di telusuri melalui BPD Muara Sikabaluan dua hari yang lalu.

,Kepala bidang pembinaan keuangan desa di Dinas Pemberdayaan MasyarakatPerempuan dan Keluarga Berencana,Gidalti SE,mengatakan, Setiap pembelanjaan harus berdasarkan mata anggaran di dalam APBDes.

"Jika desa melakukan pembelanjaan tanpa mata anggaran dg uang apa yg di pakai itu harus mesti jelas dan  juga  pengganggaran tahun depan tentu prosedurnya harus mesti melalui prosedur musdes di BPD" ungkapnya kepada awak media Jumat 30/10/20.

Dilanjutkan Gidalti,Itu memang tidak boleh Seharusnya itu perlu  dipertanyakan soal dari mana uang yg dipakai utk membeli barang tersebut.

Disisi lain Kepala Desa Muara Sikabaluan ,Aprijon mengatakan ,Dalam APBDes ada untuk tahun  2020  Sebelumnya kita anggarkan 45 juta dalam apbdes mengambil boat si bursa namun ternyata boat tersebut sudah lama.

"Dalam perubahan nantik akan dianggarkan penambahan biaya menjadi 63 juta pengadaan bodi boat baru. Dan itulah yang di pelabuhan kini. kita Yang masuk dalam perubahan nantik penambahan biaya boat menjadi 63 juta" sebutnya.

Dilanjutkannya,Karena masih ada sisa anggaran yang belum terbayar maka sisanya baru muncul nantik setelah perubahan tuturnya.

Husin Wakil ketua BPD Muara Sikabaluan mengatakan bahwa benar adanya perencanaan pembelian body di tahun 2020 namun belum bisa dipastikan karena arsip tidak ada saat ini.

Arsip masih ada dikantor sehingga tidak dapat dipastikan namun kita nanti akan lakukan kroscek baru bisa di sampaikan.

namun salah seorang Nara sumber yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa rencana yang dikatakan itu ada di rkpdes 2020 sementara yang terlihat secara langsung tidak benar.

Dalam pantauan Canangnews melalui croscek data ternyata yang masuk dalam APBDes murni 2020 hanya service mesin bot sebesar Rp 2000.000 sementara pembelian body bot tidak masuk sehingga masih dipertanyakan.(JS)