Sikabaluan Canangnews,pasca terpaparnya petugas kesehatan Puskesmas muara sikabaluan warga tanpa terkecuali menggunakan masker.


Hal tersebut tampak pada aktifitas rutinitas warga kemana saja menggunakan masker namun sebelumnya protokol kesehatan bagi sebagian orang kurang diperhatikan.

Salah seorang warga masyarakat Ir,menuturkan adanya kekawatiran dari warga akan infeksi virus Corona terhadap warga masyarakat sehingga menggunakan masker.

"Itu mulai dilaksanakan semenjak adanya 3 orang petugas kesehatan Puskesmas Muara Sikabaluan yang terpapar Covid 19 sehingga warga menggunakan masker kemanapun sementara sebelumnya tidak demikian"ungkapnya kepada awak media Jumat 25/9/20.

Menurut pantauan Canangnews warga masyarakat menggunakan masker dimulai sejak adanya informasi paparan covid di dusun nangnang namun ada kekhawatiran sosial warga masih sangat tinggi.

"Wajib menggunakan masker seharusnya tidak karena takut namun karena menjaga supaya diri sendiri serta orang lain tidak terpapar Covid 19"

Hal tersebut juga dapat dihubungkan dari peraturan daerah dalam masa kebiasaan baru tersbut wajib di berlakukan protokol kesehatan karena sanksi untuk itu sudah di asese.

Demikian juga dengan kedai,serta toko besar jika tidak menyediakan air galon maka resiko terpaparnya pembeli sangat besar sehingga masker tidak berfungsi.

Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten kepulauan Mentawai sebelumnya sudah mengajak warga untuk patuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid 19 dan berharap semuanya dapat diselesaikan.(JS)