Padang Pariaman Lindungi Sawah Masyarakat dengan Perda LP2B

0

Lubuak Aluang, CanangNews – Bupati Padang Pariaman Drs Ali Mukhni bersama  Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menanam benih bersama dalam acara Gerakan Tanam Padi di Kelompok Tani Rawang Lokan Nagari Punggung Kasiak, Kecamatan LubukAlung, Selasa (14/7/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Ali Mukhni mengatakan, Kabupaten Padang Pariaman memiliki luas sawah 22.856 hektar dengan luas tanam padi 62.303 hektar dan luas panen 61.708 hektar serta produksi padi 293.360 ton atau setara beras 159.334,11 ton pertahun. Dengan demikian, terdapat surplus beras 128.083,34 ton.

“Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman saat ini telah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang melindungi lahan sawah masyarakat. Perda ini sudah disingkronisasikan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Padang Pariaman,” ujarnya.

Ia menambahkan, di Padang Pariaman berjumlah kurang lebih 1.200 kelompok tani dengan jumlah alsintan atau biasa disebut hand traktor roda 2 sebanyak 1.179 unit. Sawah di Padang Pariaman pada umunya dialiri oleh Irigasi Teknis Anai I yang mengaliri kurang lebih 8.000 hektar sawah dan Anai II  mengaliri 5.000 hektar.

“Padang Pariaman telah memiliki atau melahirkan Varietas Unggul Lokal Papanai yang telah disertifikasi oleh Kementrian PErtanian RI tahun 2019,” katanya lagi.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dalam sambutannya meminta agar Padang Pariaman lebih memaksimalkan lagi dalam pemanfaatan lahan dan penggunaan bibit. Di mana pada saat ini Padang Pariaman dapat melalui masa panen sebanyak 2 kali dalam setahun maka hendaknya harus ditingkatkan lagi agar dapat panen tiga kali setahun.

“Jangan sampai ada lahan kosong yang terbengkalai, semoga lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk pertanian serta lakukan masa tanam secepat mungkin jangan sampai lahan tersebut dibiarkan menganggur lama, serta terus tingkatkan produktivitas,” tambahnya

Dalam acara ini juga dilangsungkan penyerahan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia  berupa benih padi kepada Kelompok Tani Kemuning Jaya dan Kelompok Tani Minang Saiyo, bibit jagung kepada Kelompok Tani Sakato 2, becak motor kepada Kelompok Tani Mekar Sari 1, konseler kepada kelompok tani Pulau Aia serta penyerahan treser kepada Kelompok Tani Fajar Menyingsing, Kecamatan Ulakan Tapakis. (Mila/R/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top