Subscribe Us

header ads

Masa New Normal Surat Resmi Aman Covid 19 Berlaku Selama 14 Hari

Tuapeijat Canangnews,Tingkat kesadaran warga masyarakat masih sangat rendah sehingga perlu dilakukan sosialisasi serta perhatian besar terhadap semuanya.

Hal tersebut dikatakan Serieli BW selaku Juru Bicara Khusus penanganan Covid 19 khusus dimentawai bahwa masa new normal bukan berarti lupakan semuanya karena kelonggaran yang diberikan justru antisipasi terhadap penyebaran Covid semakin tinggi harusnya.

"Terlebih terhadap pelaku perjalanan baik dari Mentawai luar daerah demikian pula sebaliknya untuk itu dilakukan pendataan pengecekan yang serius di lokasi yang sudah tersedia sert pengawalan ketat dengan meminta data lengkap serta surat bebas Covid sehingga dapat diperbolehkan untuk masuk namun wajib mengikuti Prokes wilayah dengan mengisolasikan diri dirumah" ungkapnya kepada awak media Selasa 7/7/20.

Sementara untuk pemantauan Rapid Test oleh daerah masing masing terlebih terhadap pelaku perjalanan mesti diperketat sehingga semuanya dapat dipastikan aman dari Covid 19 dan mau  di isolasi secara mandiri .

Namun katanya kendala yang saat ini masih di dapat bahwa Mentawai masih belum siap memfasilitasi perlengkapan rapid sehingga keterbatasan pelayanan rapid test masih tinggi ucapnya.

"Rapid test tidak diperkenankan untuk pribadi sehingga fasilitas karena fasilitas belum berbayar sehingga terbatas namun itu akan diupayakan Pemda setempat untuk pelayanan rapid test bagi pelaku perjalanan saja,tuturnya.

Dilanjutkannya bahwa saat ini Permenkes sudah menyatakan bahwa surat hasil PCR sudah berlaku diperpanjang menjadi 14 hari lamanya batas aktifnya sehingga selama menjelang 14 hari warga yang sudah dinyatakan non Covid bebas namun teratur pula .

Namun ada pengecualian terhadap warga Mentawai yang kemalangan sehingga mesti mendesak untuk berangkat kekota Padang untuk itu Pemda setempat melalui dinas Kesehatan memperbolehkan rapid test cepat serta hasilnya tanpa menunggu jadwal lagi .

"Ada pengecualian pemeriksaan Rapid Test terhadap warga yang kemalangan keluarga mengalami musibah meninggal di kota padang sehingga mendesak untuk berangkat untuk itu jangan sungkan kabari Dinkes setempat maka Rapid test dilakukan mendadak dilokasi masing-masing tanpa harus menunggu jadwal tutup BW.(JS)

Posting Komentar

0 Komentar