Suasana saat Yayasan UPI YPTK Padang berdialog dengan Bupati Solok Gusmal



Kabupaten Solok,-Ketua Yayasan UPI YPTK Padang Herman Nawas, Kamis (16/7) dihadapan Bupati Solok Gusmal mengungkapkan bahwa kabupaten setempat bakal memiliki pesantren berskala internasional yang mengajarkan tekhnik memanah, berkuda, dan kegiatan sunah lainya, selain kurikulum wajib sesuai sistem pendidikan nasional terkait sekolah agama.

"Tujuan pembangunan pesantren tersebut adalah untuk mengembangkan ajaran islam,  menciptakan SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan dunia internasional," ujarnya.                 
Ia juga mengajak Pemerintah Daerah Kabupaten Solok untuk ikut bekerjasama demi kelancaran pembangunan pesantren ini. "Kita menargetkan lulusan pesantren ini dapat melanjutkan studi ke Universitas Islam Medinah maupun universitas islam lainya," ucapnya.

Dilain itu, Wakil Rektor IV UPI YPTK Padang Muhammad Ridwan mengatakan pembangunan pesantren RIBS dilakukan secara bertahap diatas lahan seluas 45 Hektar. "Untuk tahap pertama akan dibangun 10 persen dan akan dimulai pada bulan Agustus 2020," katanya.

Sementara, Bupati Solok Gusmal menyebutkan rencana pembangunan pesantren tersebut sejalan dengan salah satu pilar pembangunan di Kabupaten Solok yaitu bidang pendidikan dan  Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) yang saat ini sedang berjalan.

"Diharapkan karakter anak menjadi karakter akhlakul kharimah serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kab. Solok. Dan anak Kab. Solok diprioritaskan serta diberi kemudahan," harapnya.(zetria)