Agam, -Anggota DPRD Agam, Noveri Edios menilai Pemerintah Kabupaten Agam telah mengambil langkah serta kebijakan tepat yang diprogramkan dalam percepatan penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah setempat. 

"Saya mengapresiasi Pemkab Agam yang telah menjamin keselamatan masyarakat. Dan juga dalam memberikan pelayanan penanganan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19." katanya.

Ia berharap, Pemkab Agam dapat memastikan ketersediaan tenaga dan fasilitas kesehatan yang cukup serta memperluas edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat tentang penyebaran virus corona.

"Saya meminta agar pemerintah mengambil kebijakan dan program yang efektif dalam menangani dampak sosial, ekonomi, dan budaya akibat wabah virus corona ini," ujar Anggota DPRD Agam dua periode itu

Selain anggota dewan, Noveri Edios juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan Forum Komunikasi Anak Nagari Lubuk Basung (FOKAL) ini, juga berharap agar pemerintah dapat memberikan stimulus ekonomi untuk sektor riil dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada masyarakat, terutama ketersediaan bahan pangan, bantuan sosial untuk masyarakat berpenghasilan rendah, serta mengantisipasi datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Semua komponen di negeri ini dapat memahami dan mendukung sistem penanggulangan virus corona dengan menerapkan isolasi terbatas dan karantina wilayah, apabila diperlukan." ujarnya.

Sementara, maklumat yang ditetapkan Menkes RI terkait penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ia mengajak masyarakat Agam untuk mematuhi kebijakan pemerintah. 

"Mari kita dukung kebijakan pemerintah kita pada ajaran Islam, kita di wajibkan untuk patuh pada pemimpin, Pemerintah itu termasuk ulil Amri." tegas Noveri Edios. 

Ia menghimbau masyarakat agar tidak panik menghadapi wabah virus Corona dan mengajak masyarakat untuk dapat ikut disiplin dalam melaksanakan physical distancing sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19). 

Selain itu, Noveri Edios juga berharap  agar masyarakat proaktif dalam keadaan seperti ini. "Jangan kita sampai memperkeruh suasana dalam keadaan seperti ini, Jika ada sesuatu kebijakan pemerintah yang akan kita kritisi." pintanya. 

Noveri Edios juga meminta masyarakat bisa mematuhi anjuran pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. "Mari secara audiensi kita sampaikan langsung kepada yang bersangkutan. Jangan sampai kita mengkritisi melalui media sosial lainnya." tuturnya.

Dilanjutkan Noveri Edios. "Perlu kita ingat jika kita mengkritisi sebuah  wacana, tentu kita juga harus memberikan masukan, saran dan dukungan yang baik, 
Secara singkat, kita mengajak semua komponen masyarakat, agar permasalahan dalam menghadapi wabah virus Corona ini kita lawan bersama-sama, bak kata pepatah Minang, Kabukik samo mandaki, kok ka lurah samo manurun," ulasnya. (BJR)