Sekda Agam Buka Ampek Angkek Muharram Expo 1441.H - CANANG NEWS

Breaking

Minggu, 15 September 2019

Sekda Agam Buka Ampek Angkek Muharram Expo 1441.H


Ampek-Angkek----Canangnews----Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam menggelar Muharram Expo dalam rangka mensyiarkan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah, di lapangan sepakbola Jorong Parik Putuih, Nagari Ampang Gadang, Sabtu malam (14/9).
Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Agam, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto dan dihadiri beberapa kepala OPD, anggota DPRD Agam, Camat Ampek Angkek Hidayatul Taufik, forkopimca, masyarakat dan lainnya.
Sekda Agam, Martias Wanto menyambut baik pelaksanaan kegiatan itu. Tidak hanya di Ampek Angkek, tapi hampir seluruh kecamatan dan nagari di Agam menggelar kegiatan dalam mensyiarkan tahun baru Islam ini seperti tabligh akbar, pawai obor dan sebagainya.
“Bahkan Ampek Angkek sudah melaksanakan berbagai kegiatan sejak 1 Muharram dan sampai saat ini rangkaian acaranya masih berlangung seperti Muharram Expo sebagai puncak acara,” ujarnya.
Menurutnya, syiar 1 Muharram adalah bentuk komitmen Pemkab Agam dalam menyemarakkan penyambutan tahun baru Islam melalui berbagai kegiatan terutama keagamaan.
Sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Agam semakin giat menggelar kegiatan keagamaan untuk menghindari perayaan tahun baru masehi bagi masyarakat. Sebab tahun baru umat muslim adalah 1 Muharram yang harus disambut dengan meriah.
“Setiap pergantian tahun masehi, objek wisata atau tempat yang berpotensi menjadi lokasi acara kita tutup untuk mengantisipasi agar tidak ada perayaan tahun kalender itu,” imbuhnya.
Ketua pelaksana, Guslim mengatakan, Muharram Expo adalah rangkaian acara dalam mensyiarkan tahun baru Islam, yang telah diawali dengan pawai obor, perlombaan mulai dari tingkat TK sampai MTQ lansia.“Muharram Expo akan menampilkan berbagai produk seperti UMKM, edukasi, kesehatan, sosial, pertanian dan kerajinan,” sebut Guslim. (rel/bjr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar