Intensitas Hujan Rendah ,Air Sumur Masih Saja Kering - CANANG NEWS

Breaking

Jumat, 27 September 2019

Intensitas Hujan Rendah ,Air Sumur Masih Saja Kering



Tuapeijat,Canangnews----- Mentawai mulai disirami hujan namun masih tanggung bahkan tidak memenuhi gayuag  yang membuat warga semakin khawatir akan ketersediaan air dirumahnya masing -masing

Belum tahu pasti kapan hujan deras akan datang sehingga sumur sumur yang kosong dipenuhi air bahkan untuk saat ini keperluan air mencuci piring bahkan mandipun sulit didapat Kata Suryani (29)salah satu masyarakat Km 04 saat dimintai keterangan di kediamannya Jumat (27/9).

"meskipun saat ini  Badan Penanggulangan Bencana Daerah berdatangan untuk mengisi setiap ember ,drum dan lainnya namun itu belum mencukupi untuk kebutuhan esok hari tutur dia "

Selain dirinya Toni (35) salah satu warga km 04  juga mengeluhkan air yang sebelumnya masih mencukupi kebutuhan mandi dan sebagainya namun untuk saat ini dirinya mesti bepergian ke Rumah tetangga yang masih ada setok air untuk mencuci pakayan .

"Semenjak kemarau panjang sumur kita benar benar kosong sementara kita tidak memiliki drum besar sehingga sulit untuk mendapatkan air bantuan bahkan untuk memesan satu tanki air pun mahal terpaksa harus berjalan kaki sepanjang 5 km untuk mendapat air bersih .

Sementara menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Mentawai Novriadi mengatakan menurut informasi dari  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai
suhu udara serta kecepatan angin dan  potensi hujan berawan diperkirakan minggu depan namun belum diketahui kepastiannya hujan turun .

"seperti kita ketahui daerah Sumatera Barat yang sudah di sirami hujan diantaranya Kabupaten Agam,Pasaman ,dan Solok Selatan .Lebih lanjut kata Novriadi untuk sementara waktu kita tetap stanbykan tanki air untuk memenuhi kebutuhan masyatakat disekitar Tuapeijat menjelang turunnya hujan . selain itu dirinya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mencobak praktek buka lahan karena gampang terbakar tutup dia .( johan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar