Dari kiri ke kanan: Drs Rosman, Ali Mukhni, B Rky Rajo Sampono dan dua tokoh masyarakat

PADANG PARIAMAN, CanangNews - Sudah dapat dipastikan, Politisi Kawakan Drs Rosman bakal menjadi unsur pimpinan sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman masa bakti 2019 - 2024.

Sebab, selain merupakan Wakil Ketua Dewasa Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional  (DPD PAN), Rosman meraih suara terbanyak di antara tujuh Caleg PAN terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April lalu. 

Kepastian itu pun didukung oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Sumatera Barat, Drs H Ali Mukhni.

Sebagaimana diungkapkan Penasihat DPD PAN Padang Pariaman Bahrum Rky Rajo Sampono kepada wartawan, Selasa (25/6/2019), Ali Mukhni menjanjikan caleg peraih suara terbanyak menjadi pimpinan DPRD.

"Janji itu dikemukakan Pak Ali Mukhni dalam pengarahan usai mengukuhkan saya sebagai Penasehat DPD PAN Padang Pariaman, Sabtu 19 Januari 2019, di Katapiang - Kecamatan Batang Anai," cetus Rajo Sampono.

Beberapa hari lalu, ulasnya, ia bertemu dengan Ali Mukhni yang juga Bupati Padang Pariaman. "Pada kesempatan itu saya mengingatkan Pak Ali Mukhni kepada janjinya. Beliau menyatakan akan menepati dengan konsisten."

PAN merupakan pemenang kedua setelah Partai Gerindra dalam Pemilu 17 April lalu untuk DPRD Padang Pariaman ,dengan total suara partai 31.602 suara, namun sama-sama memperoleh 7 (tujuh) dari 40 kursi.

Berdasarkan pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, ketujuh kursi DPRD yang diperoleh PAN itu diraih 1. Drs Rosman dari Daerah Pemilihan (Dapil) II dengan suara pribadi 2.202 suara, 2. Aprinaldi, MPd dari Dapil IV dengan suara pribadi 2.124 suara, 3. Erman dari Dapil III dengan suara pribadi 1.982 suara, 4. Makmur SE dari Dapil I dengan suara pribadi 1 770 suara, 5. Dedi Salim dari Dapil IV dengan suara pribadi 1.622 suara, 6. Topit Hidayat SIP dari Dapil II dengan suara pribadi 1.534 suara dan 7. Rahman Rizal AMd dari Dapil II dengan suara pribadi 1.433 suara.

Pengukuhan keanggotaan DPRD Kabupaten Padang Pariaman masa bakti 2019 - 2024 dijadwalkan berlangsung pada hari Rabu 14 Agustus mendatang. (Zakirman Tanjung)