Dihadiri Bupati, Camat Lubuk Alung Ambil Sumpah Jabatan Bamus Nagari Aie Tajun

0

Penandatangan berita acara usai pengambilan sumpah jabatan Bamus Nagari Aie Tajun

 

LUBUK ALUNG, CanangNews Sebanyak tujuh orang tokoh masyarakat Nagari Aie Tajun Lubuk Alung dilantik dan diambil sumpah jabatan mereka oleh Camat Lubuk Alung Imran S Sos sebagai Anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) setempat untuk periode 2017- 2023, Senin (14/8/2017). Kegiatan itu dihadiri Bupati Padang Pariaman yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Erman S Sos MM.

 

Ketujuh Anggota Bamus Nagari Aie Tajun itu adalah Masri (mewakili Korong Kapalo Banda), Irsadunas SE MSi dan Drs Syamsurizal (Kampuang Tangah), Ramandung (Rawang), Sardiman (Kampuang Paneh), Syamsul Bahri SPd Dt Rky Bungsu (Indarung) dan Rini Rianti SHum (mewakili perempuan).

 

Bupati Padang Pariaman dalam pengarahan yang dibacakan Kepala Dinas PMD Erman mengemukakan, tugas Bamus Nagari tidak berbeda jauh dengan tugas-tugas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Yakni membuat rancangan, membahas dan menetapkan peraturan nagari bersama walinagari dan perangkatnya.

 

Selain itu, kata Erman, Bamus bertugas membuat rancangan, membahas dan menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) Nagari , juga bersama walinagari dan perangkatnya. Selanjutnya adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja walinagari.

 

“Tugas-tugas lainnya adalah menyerap aspirasi masyarakat yang mereka wakili untuk diperjuangkan. Di samping itu, dalam waktu dekat ini Bamus harus menyelenggarakan proses pencalonan dan pemilihan walinagari yang akan dilaksanakan secara serentak bersama 69 nagari lainnya di Kabupaten Padang Pariaman,” papar Erman.

 

Sebelumnya pada hari yang sama, Camat Imran telah melantik dan mengambil sumbah lima Anggota Bamus Nagari Sikabu Lubuk Alung. Mereka adalah Sepriadi (Korong Balanti), Johan Dani SPd (Palak Pisang), Basriman (Kampuang Tangah), Gustina SPd (Belanti / Perempuan) dan Ariyunas SPd (Sikabu Bukik).

 

Camat Imran mengambil sumpah jabatan Bamus Sikabu

 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan berlangsung di halaman Kantor Walinagari masing-masing. Namun, khusus di Aie Tajun terkesan lebih meriah. Menurut Walinagari Aie Tajun Syamsurizal yang didampingi Sekretaris Nagari – Hendrizal Chan SP, kegiatan pelantikan dipersiapkan selama dua hari, bahkan dibantu sponsor berupa pemasangan beberapa tenda.

 

Ditemui secara terpisah usai pelantikan Bamus Aie Tajun, Kepala Bidang Pembinaan Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Heriza Syafani SSTP MPA menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelantikan Bamus 14 Nagari yang masa jabatan anggota sebelumnya berakhir tahun 2017 ini.

 


“Mereka harus langsung bertugas menyiapkan proses pemilihan walinagari yang dijadwalkan November mendatang,” ujar Heriza. (zast) 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top