Sekdakab Jonpriadi Launching Sippera Kabag RanKeu Armeyn Rangkuti

0
Sekdakab Jonpriadi menekan tombol sirene tanpa launching Sippera

Paritmalintang, CanangNewsSistem Informasi Perencanaan Penganggaran (Sippera) telah di-launching.. Sistem itu dirancang sebagai Proyek Perubahan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat III Kepala Bagian Perencanaan Keuangan (Kabag Rankeu) Drs Armeyn Rangkuti MSi.

Peluncuran (launching – red) secara resmi Sippera dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Padang Pariaman Jonpriadi SE MM bertempat di Aula Kantor Bupati, Paritmalintang, Senin (22/5/2017).  Kegiatan itu dihadiri sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekdakab Jonpriadi memberi apresiasi atas gagasan Kabag Renkeu Armeyn Rangkuti dan meminta aplikasi tersebut dapat segera dijalankan. Bahkan, dia juga meminta untuk jangka panjang aplikasi ini dapat dikebangkan dalam skala kabupaten.

“Secara pribadi, kami sangat senang dan bangga dengan aplikasi ini. Namun, kami sangat berharap setiap aplikasi yang dibuat dan di-launching segera diterapkan dan dilanjutkan penerapannya. Jangan hanya sebatas atau sekadar memenuhi tuntutan proyek perubahan dalam diklatpim,” kata Sekdakab mengingatkan.

Sebelumnya, Armeyn Rangkuti menjelaskan, latarbelakang ide pembuatan aplikasi Sippera terinspirasi dalam diskusi dengan Kabag Humas dan Protokol Andri Satria Masri. Mantan Kabag Umum itu mengatakan, banyak program kegiatan di Sekretariat Daerah yang tidak sesuai dengan visi-misi OPD, bahkan berdempet dengan OPD lain. Kondisi itu menjadi kekurangan dari sistem perencanaan yang masih menggunakan sistem manual.

Selain itu, jelasnya lagi, Kementerian Komunikasi dan Informasi juga meminta setiap daerah untuk menggunakan sistem penganggaran berbasis eletronik dan online.

“Berangkat dari permasalahan tersebut, timbul ide dari kami bagaimana perencanaan pengganggaran yang manual tadi dapat ditinggalkan dan beralih dengan penggunaan sistem eletronik.  Perencanaan pengangaran melalui teknologi informasi kami beri nama Sippera,” ujar Armeyn.

Kabag Rankeu Drs Armeyn Rangkuti MSi mempresentasikan Sippera

Lebih lanjut, Armeyn menjelaskan beberapa manfaat pengunaan aplikasi Sippera. Di antaranya perencanaan pengganggaran sesuai dengan visi misi OPD, perencanaan pengganggaran sesuai dengan program dan kegiatan OPD dan hasil musrenbang (musyawarah perencanaan pembanngunan), program dan kegiatan sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing bagian, efisiensi waktu penyusunan, dapat menghemat pengeluaran operasional serta dapat diinput di mana saja oleh operator.

Senada dengan Sekda, Armeyn mengharapkan aplikasi Sippera ini dapat dijalankan secara maksimal dan penggunaannya dapat ditingkatkan ke level perencanaan kabupaten.

Sippera merupakan perangkat lunak (aplikasi) yang dikembangkan dengan tujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman untuk mewujudkan pengganggaran yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel. Tujuan jangka panjang aplikasi ini adalah dapat dikembangkan dalam skala kabupaten dan disinkronkan dengan Sistim Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) Keuangan yang telah diimpelentasikan sejak tahun 2008 lalu. (Rescy Herrico / zast

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top