Hadiri Pembinaan Relawan, Bupati Suhatri Bur: Petugas dan Mobil Damkar Harus Siap Setiap Saat

0
Pariaman, CanangNews - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Padang Pariaman  memberikan pembinaan kepada Relawan Pemadam Kebakaran (Redamkar) serta sosialisasi penanggulangan bahaya kebakaran bagi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas). 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Suhatri Bur, bertempat di Gedung Saiyo Sakato - Pariaman pada Kamis, (6/6/2024). Ikut hadir Kasatpol PP Damkar Rifki Monrizal SH MSi bersama jajaran serta Anggota Linmas Nagari sebagai peserta kegiatan. 

Dalam arahannya, Bupati Suhatri Bur menyebut Damkar itu bukan hanya bertugas untuk memadamkan api. Namun lebih dari itu, Damkar punya tugas melindungi masyarakat dari berbagai potensi bencana lingkungan. 

Oleh karena itu, katanya, Satpol PP Damkar harus bersinergi dengan beberapa perangkat daerah terkait. Dia menegaskan, Satpol PP Damkar jangan mengemukakan egonya dalam bertugas karena ini menyangkut dengan keselamatan masyarakat.

"Petugas Satpol PP Damkar jangan kemukakan ego, ndak ada SOP-nya bergerak harus menerima laporan," tegasnya lagi. 

Suhatri Bur menambahkan, Aparatur Satpol PP Damkar tidak dibenarkan datang terlambat, apalagi jika tempat kejadian dekat dari jangkauan. 

"Saya instruksikan agar ini disikapi dan menjadi bahan evaluasi. Jangan kejadian lagi sebagaimana musibah kebakaran ruko di Lubuk Alung, sedangkan Markas Satpol PP Damkar hanya berjarak ±300 meter dari lokasi," ujarnya.

Ke depan, katanya, melalui berbagai bimbingan dan sosialisasi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman akan terus meningkatkan kemampuan Petugas Satpol PP Damkar untuk lebih maksimal. Di sisi lain, petugas harus cek secara berkala mobil dan fasilitas penunjang lainnya untuk memaksimalkan tugas dan tanggungjawab kemanusiaan yang diemban. 

"Petugas dan mobil damkar harus siap kapanpun. Hal ini harus menjadi konsentrasi bersama sehingga musibah kebakaran lebih cepat teratasi atau mungkin kita minimalisir," ujarnya.

Sosialisasi Penanggulangan Damkar ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama penyampaian materi dari Kasatpol PP Damkar dan Kabidnya. Untuk sesi kedua melakukan praktek langsung cara penanganan pemadaman kebakaran. (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top