BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Program JKK dan JKM Bagi Anggota Korpri Padang Pariaman

0
Parit Malintang, CanangNews -  Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan program jaminan sosial, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padang bekerja sama dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Padang Pariaman menggelar sosialisasi Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi anggota Korpri Kabupaten Padang Pariaman, bertempat di Aula Kantor Bupati - Parit Malintang, Senin (3/6/2024).

Bupati Suhatri Bur dalam kata sambutannya ketika membuka kegiatan ini menyebutkan, penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan tanggung jawab dan kewajiban negara dalam rangka memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat, khususnya para pekerja.

"Dengan harapan agar tercipta rasa aman pada diri pegawai dan ketenangan dalam menjalankan tugas sehari-hari, sehingga diharapkan berdampak pada peningkatan produktivitas kerja bagi anggota Korpri di lingkungan Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya.

Di samping itu, Bupati yang akrab disapa Aciak ini mengingatkan agar anggota Korpri Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan pemahaman yang baik akan pentingnya program jaminan sosial di bidang ketenagakerjaan, khususnya untuk JKK dan JKM serta manfaat yang diperoleh sebagai peserta sehingga seluruh anggota Korpri dapat bergabung dan mendapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Muhammad Syahrul dalam paparannya menjelaskan tentang manfaat program JKK dan JKM. JKK memberikan jaminan kepada pekerja yang mengalami kecelakaan kerja, mulai dari biaya pengobatan, santunan pengangguran, hingga santunan kematian. Sedangkan JKM memberikan santunan kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia, baik karena kecelakaan kerja maupun bukan kecelakaan kerja.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Korpri Padang Pariaman Rudy R. Rilis dalam laporannya mengatakan, guna mewujudkan Korpri sebagai organisasi yang kuat, netral, mandiri, profesional dan terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mensejahterakan anggota, Pemkab Padang Pariaman jalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakeraan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada anggota Korpri tentang manfaat dan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi ini diikuti sebanyak 392 peserta yang terdiri dari Kepala Perangkat Daerah, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Padang Pariaman serta Kepala Kantor Kemenag. 

Menjelang akhir seremoni pembukaan sosialisasi, Bupati Suhatri Bur yang didampiangi Sekda Rudy R Rilis dan Kepala BKPSDM Maizar menyerahkan secara simbolis santunan JKM kepada keluarga ahli waris Pegawai PDAM sebesar Rp42 juta dan beasiswa anak dengan total Rp110 juta  serta untuk keluarga ahli waris guru non ASN SD 14 Sungai Limau sejumlah Rp42 juta. (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top