Resmikan Masjid Sirah di Pantai Tiku, Bupati Agam Sebut Sebagai Ikon Potensi Tingkatkan Wisata

0

Bupati Agam, Andri Warman didampingi Ketua PKK Agam, Ny Yenni dan sejumlah Kepala OPD memotong pita menandai Masjid Sirah telah diresmikan dan dimuka untuk umum

 

CANANGNEWS- Bangunan Masjid Istiqomah, telah resmi dibuka untuk digunakan oleh masyarakat. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, bangunan yang diperkenalkan dengan sebutan Masjid Sirah ini digaungkan sebagai potensi ikon wisata baru di Kabupaten Agam, terutama di sekitar Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Hal tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM, Jumat (8/3/24). Sebelum peresmian, Pemerintah Kabupaten Agam melangsungkan wirid mingguan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Masjid tersebut.

Dikesempatan tersebut, Bupati Agam mengungkapkan penghargaan yang mendalam dan kebanggaannya terhadap kemurahan hati warga Pasia Tiku yang telah menyumbangkan tanah mereka untuk pembangunan masjid ini.

Bupati Agam, Andri Warman menandatangani monumen peresmian Masjid Sirah

Setelah menanti dengan penuh kesabaran selama beberapa waktu, bupati akrab disapa AWR itu menyatakan bahwa masjid yang kini berdiri megah di kawasan objek wisata Pasia Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara, telah menjadi kenyataan yang membanggakan.

"Hari ini masjid kita resmikan dan sudah dapat dimanfaatkan, semoga keberadaannya dapat menguatkan syiar Islam di Tanjung Mutiara," ungkap bupati.

Selain itu, menurut AWR kehadiran Masjid Sirah juga berpotensi untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Agam, khususnya di Tanjung Mutiara. Bahkan, hal ini menjadikan masjid tersebut sebagai ikon pariwisata yang kental dengan nuansa Islami.

"Masjid ini dibangun dengan biaya tidak sedikit, berasal dari pajak masyarakat. Maka kita berharap agar masjid ini dijaga, dirawat dan dimaksimalkan penggunaannya," harapnya.

Bupati Agam, Andri Warman bersama sejumlah penjabat foto bersama setelah meresmikan Masjid Sirah

Selain itu, mengingat mendekati Ramadan 1445 Hijriah, Andri Warman tidak lupa memberikan pesan kepada masyarakat untuk menjalankan ibadah di bulan suci tersebut dengan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya.

"Mari kita sambut bulan penuh berkah ini dengan senang hati, dan suasana bersih lahir bathin,” ajaknya.

Asisten Bidang Pembangunan, Jetson menjelaskan bahwa pembangunan Masjid Sirah merupakan bagian dari prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. 

Masyarakat di kawasan Pantai Tiku makan bajamba memeriahkan peresmian Masjid Sirah

Dia menegaskan bahwa pendirian masjid yang ditujukan sebagai ikon wisata religi ini merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan pemerintah daerah.

Jetson menjelaskan bahwa proses pembangunan Masjid Sirah telah dimulai sejak tahun 2022 dengan tahapan awal berupa perencanaan. Dalam proses perencanaan tersebut, diputuskan bahwa lokasi pembangunan masjid akan berada di kawasan wisata Pantai Tiku, tepatnya di Muaro Mati, Nagari Tiku Selatan.

"Dalam prosesnya, kami melibatkan ninik mamak, termasuk dalam proses penyerahan tanah. Ninik mamak di Nagari Tiku Selatan dan sekitarnya telah sepakat untuk mengembangkan kawasan ini sebagai kawasan pembangunan kepariwisataan, terutama untuk wisata religi," ulasnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top