Perluas Jangkauan Kesehatan Bagi Masyarakat, Dinkes Agam Sebut Ada 23 Puskesmas dan 144 Pustu

0

Puskesmas Biaro yang merupakan salah satu tempat layanan kesehatan di Agam

 

Dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam terus berupaya memperluas jangkauan dengan menyediakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di wilayah tersebut.


“Untuk saat ini di Kabupaten Agam tercatat sudah ada 23 Puskesmas dan 144 Pustu,”ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Agam, Muhammad Iswon di ruang kerjanya, Kamis (15/2).


Dijelaskan, 23 Puskesmas ini telah terakreditasi, sedang Pustu di Kabupaten Agam telah meningkat yang awalnya hanya 142 kini menjadi 144 Pustu.


“Penambahan 2 Pustu ini pada Pustu Tompek, Nagari Salareh Aia Utara, Kecamatan Palembayan dan Pustu Aia Tabik, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek,” sebut Iswon.


Menurut Iswon, peningkatan jumlah fasilitas kesehatan ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata dan berkualitas kepada seluruh masyarakat Agam.


“Dengan adanya 23 Puskesmas dan 144 Pustu yang tersebar di seluruh Kabupaten Agam, kami berharap dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, terutama yang berada di daerah-daerah terpencil,” ungkap Muhammad Iswon.


Iswon menyebutkan pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin guna mencegah penyakit lebih dini.


“Dengan meningkatnya jumlah fasilitas kesehatan ini, kami berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia secara maksimal,” tambah Iswon.


Langkah itu sambungnya, maka diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Agam, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target universal healthcare bagi seluruh lapisan masyarakat.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top