Berkompeten! Puluhan Pencaker Asal Agam Diterima Perusahaan Luar Negeri

Kabid Produktivitas Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perindagnaker Kabupaten Agam, Yurnawati

 

CANANGNEWS- Para pencari kerja asal Agam memiliki kompetensi dan layak dipekerjakan sesuai keahlian yang dimilikinya. Dibuktikan, sebanyak 54 tercatat diterima di sejumlah perusahaan luar negeri sepanjang 2023.


“Ke 54 pencaker ini bekerja di perusahaan Malaysia 27 orang dan Jepang 27 orang,” terang Kabid Produktivitas Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Perindagnaker Kabupaten Agam, Yurnawati, Jumat (12/1).


Data ini didapat katanya, setelah pencaker menginformasikannya ke Dinas Perindagnaker, tapi tidak dijelaskan secara rinci di perusahaan dan posisi apa mereka bekerja.


“Pencaker diterima bekerja di luar negeri ini meningkat dibanding tahun lalu, yang hanya 14 orang,” sebutnya.


Tahun ini katanya lagi, pencaker Agam yang mendapat penempatan kerja sebanyak 1.327 orang, baik di Indonesia maupun luar negeri.


Selain bekerja di luar negeri, pencaker sudah mendapat penempatan kerja di Indonesia juga meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya 1.185 orang.


“Penempatannya mulai dari pemerintahan hingga perusahaan, yang diketahui dari yang bersangkutan,” ujarnya.


Menurut Yurnawati, meningkatnya pencaker yang mendapat penempatan kerja, bukti bahwa pencaker Agam layak untuk dipekerjakan.


“Tentu ke depan ini dapat menekan angka pengangguran di Agam,” katanya lagi.


Dengan begitu, ia minta calon pencaker untuk mengikuti pelatihan di BLK Agam, dalam meningkatkan kompetensi sebelum mendaftar pekerjaan.


“Kita terus berupaya memfasilitasi pencaker untuk mendapatkan pekerjaan, setiap perusahaan selalu disurati agar bisa menginformasikan lowongan kerja dan diumumkan secara terbuka,” sebutnya pula.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama