PEDATI Tingkatkan Pertukaran Uang dan Peningkatan Ekonomi

Wako Erman Safar buka PEDATI di lapangan Kanyin Wirabraja Bukittinggi/ pemkobkt



Bukittinggi, Canangnews- Kegiatan Pesta Budaya Seni Pameran Dagang dan Industri (PEDATI) yang digelar Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat diyakini mampu meningkatkan putaran uang dan peningkatan ekonomi warga daerah setempat.


"Perputaran uang di lokasi kegiatan diyakini sesuai estimasi Rp1 miliar uang beredar dengan ramainya pengunjung yang datang. Hal ini tentu menambah pemasukan warga hingga tingkatan ekonomi terus meningkat," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Rabu. (13/12/2023).


Pihaknya mencatat pelaksanaan PEDATI selalu memberikan penguatan terhadap keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setelah digagas kembali kehadirannya oleh Wali Kota.


"Ini yang kita harapkan, melalui event Pedati semua lini bisa terlibat, baik pelaku seni budaya, siswa siswi, organisasi, paguyuban, pelaku usaha, dan pedagang kaki lima sekalipun," ujarnya.


Menurutnya, Pemko Bukittinggi memberi kesempatan kepada semua pihak untuk terlibat dan berperan aktif dalam mengembangkan usaha melalui beragam kegiatan yang dapat menarik kunjungan.


"Kami yakini mampu memotivasi sekaligus memberi sugesti kuat bagi pelaku usaha untuk optimal di berbagai peluang bisnis. Kolaborasi tersebut tentunya diharapkan dapat memacu geliat ekonomi,"  ucap Erman.


Hal yang sama disampaikan pelaku ekonomi yang juga Ketua Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Sumatera Barat, Rinaldi yang mengungkap gelaran Pedati di momen libur akhir tahun membuka kesempatan seluas-luasnya bagi dunia usaha untuk mempromosikan berbagai produk.


"Pada momen ini, pelaku usaha dapat lebih leluasa mempromosikan aneka produk kepada konsumen yang sebagian wisatawan yang berlibur ke Sumatera Barat,” kata Rinaldi.


"Dengan hadirnya Pedati di Kota Bukittinggi, otomatis masyarakat di berbagai daerah mendapatkan peluang untuk mengembangkan usahanya, potensi ini memang masih tertumpu pada sektor kuliner hingga tidak berlebihan jika pemerintah Kota Bukittinggi memberikan porsi yang cukup besar bagi pelaku usaha," pungkasnya.


Pedati ke-13 tahun 2023 mengangkat tema Kolaborasi untuk Bukittinggi Hebat dan Indonesia Maju.Kegiatan ini dilaksanakan mulai pada 9 - 21 Desember 2023 mendatang di Lapangan Wirabraja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama