Nagari Abai Siat dan Bonjol Dilanda Banjir, Warga: Banjir Terparah Sepanjang Sejarah

Masjid Jorong Ranah Baru digenangi banjir dari siang, hingga malam ini volume air terus meningkat (30/12/23). Foto Shaga.

Dharmasraya, CanangnewsMusim hujan telah tiba, intensitas hujan yang tinggi membuat Nagari Abai Siat dan Nagari Bonjol, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya dilanda banjir dari sejak siang tadi, Sabtu (30/12/23). Volume air terus meningkat dan hingga berita ini dikabarkan hujan masih belum reda.

Menurut informasi dari warga, sekitar tujuh jorong di Nagari Abai Siat dan Bonjol terendam oleh banjir. Namun hingga saat ini jumlah rumah warga yang terdampak datanya belum kami terima. Jorong Pasir Mayang dan Ranah Baru adalah jorong yang paling banyak terdampak oleh banjir.

Untuk ketinggian air cukup beragam, rumah yang berada di sisi Sungai Siat ketinggian airnya bisa mencapai dua meter. Menurut keterangan seorang warga, banjir ini menjadi banjir yang terparah selama ini. 

"Saya sudah berusia 71 tahun dan saya sudah tinggal di Abai Siat sudah 50 tahun. Selama saya di sini, baru kali ini banjir yang parah. Kedalaman air tidak pernah seperti ini dan banjir pun meluas, tidak pernah banjir melanda seluas ini," ungkap salah seorang warga.

Hingga saat ini banjir masih bertahan. Tim SAR dan Tagana sudah berada di lokasi bencana untuk memantau dan membantu warga menyelamatkan barang-barangnya. Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama tim pun sudah datang ke lokasi banjir untuk menguatkan warga dan menyalurkan bantuan.

Hingga malam ini warga terus siaga, karena hujan masih turun dengan intensitas tinggi. Volume air yang meningkat membuat warga khawatir dengan kondisi nagari mereka.

"Malam ini kami akan siaga untuk memantau banjir. Semoga besok air sudah surut. Banjir membuat ekonomi kami lumpuh. Untuk konsumsi, ada orang dermawan yang menyediakan makanan untuk kami," ungkap seorang warga yang sedang siaga. (Shaga)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama