Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini Pesan Bupati Inhu Rezita Meylani

 


INHU, canangnews.com - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani hadiri Deklarasi Pemilu Damai menyonsong pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 mendatang, di Gedung Dang Purnama, Rengat, Rabu (6/12/2023).


Deklarasi Pemilu Damai yang diinisiasi oleh Polres Inhu ini turut dihadiri para pimpinan Forkopimda dan pimpinan lembaga penyelenggara Pemilu, camat serta para pimpinan Partai Politik.


Memberikan sambutan, Bupati Rezita Meylani sampaikan terima kasih dan apresiasinya terhadap penyelenggaraan deklarasi pemilu damai ini.



Deklarasi ini kata Bupati merupakan bentuk komitmen bersama dalam rangka menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai khususnya di Kabupaten Inhu.


"Dan tanggung jawab untuk mewujudkannya bukan hanya oleh pemerintah daerah, kepolisian dan TNI akan tetapi peran semua pihak terutama seluruh masyarakat," tegasnya.


Beberapa pesan juga diutarakan Bupati Rezita kepada semua pihak. Ada empat pesan diantaranya, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusifitas sosial politik masyarakat.


Kemudian, mengajak masyarakat untuk tidak melakukan prpvokasi, fitnah dan berita hoax kepada setiap pendukung pasangan calon.


Mengimbau kepada seluruh ASN untuk menjaga netralitas pemilu. Selanjutnya, mengimbau kepada para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat agar memberi pemahaman kepada masyarakat secara teduh dan toleran.


Pembacaan deklarasi damai dipimpin oleh Ketua Bawaslu Inhu Dedi Risanto dan diikuti seluruh pimpinan partai politik. Kemudian dilanjutkan penandatanganan naskah deklarasi.


Adapun isi deklarasi Pemilu Damai yakni pertama, akan melaksanakan pemilu 2024 yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.


Kedua, akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan pemilu 2024 sesuai dengan koridor hukum.


Ketiga, menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan memghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian serta tidak menggunakan isu SARA dalam pelaksanaan pemilu 2024.


Keempat, akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polres Inhu.


Diakhir acara, Bupati Rezita Meylani bersama Ketua Bawaslu Inhu melakukan penandatanganan Naskah Penyerahan Hibah Daerah (NPHD) dari Pemda kepada Bawaslu Inhu."( Rjn / red )



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama